Unik, Informatif , Inspiratif

Seribu Mainan untuk Anak-anak Suriah

0

Untuk pertama kalinya, Seorang tukang kayu asal Turki ini memutuskan untuk meninggalkan kampung halaman. Ia rela menempuh jarak ratusan kilometer untuk mengantarkan mainan buatannya secara langsung kepada anak-anak di Afrin, utara Suriah.

BACA JUGA: Taruhan dalam Permainan Futsal, Termasuk Judi?

Mustafa Alt, namanya, ia tinggal di Desa Cayyaka di pinggiran pantai Laut Hitam Turki. Seribu lebih mainan yang terbuat dari kayu dibuatnya untuk anak-anak di sana.

“Saya tidak bisa hanya duduk santai di sini, sementara tetangga kami [di Suriah] mengalami penganiayaan dan penindasan,” ungkap Alt kepada Anadolu Agency.

Dia memutuskan untuk membuat mainan setelah menyaksikan anak-anak Suriah menangis di televisi.

Dibantu LSM

LSM yang berbasis di Istanbul, Humanitarian Relief Foundation (IHH), akan mengantarkan Alt ke Afrin untuk memberikan langsung mainan buatannya.

IHH tergerak untuk mengantarkan Alt karena dia menunjukkan rasa belas kasihan yang besar kepada anak-anak di wilayah rentan koflik itu.

“Saya sangat tersentuh dan iba menyaksikan tangisan dan kesedihan mereka. Selama 15 tahun, saya belum pernah meninggalkan kampung saya. Kini saya siap untuk menemui dan menyaksikan senyum dan tawa anak-anak Afrin,” tutur Alt.

BACA JUGA: Jerman Siap Bantu Bangun Kembali Suriah

Pada 20 Januari, Turki melancarkan Operasi Ranting Zaitun untuk mengusir kelompok-kelompok teroris YPG/PKK dan Daesh dari Afrin.

Kemudian, pada 18 Maret, pasukan Turki dan Tentara Pembebasan Suriah berhasil membebaskan pusat distrik Afrin dari kendali teroris. []

SUMBER: ANADOLU


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.