Unik, Informatif , Inspiratif

Sering Buang Air Kecil, Kenali Penyebabnya (1)

0 219

Apakah Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya? Jika demikian Anda perlu waspada. Pasalnya, ada beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan seringnya buang air kecil.

Sebelumnya, Anda harus memastikan dahulu, apakah memang terlalu banyak minum atau waktu minum Anda mendekati jam tidur sehingga terbangun di malam hari untuk buang air kecil.

BACA JUGA: Coba Cara Ini Untuk Atasi Keseringan Buang Air Kecil

Bila tidak demikian, perhatikanlah gejala lain yang mungkin Anda rasakan. Karena ada beberapa kondisi yang menyebabkan seringnya buang air kecil serta gejala lain yang mungkin menyertai. Apa saja? Berikut penjelasannnya:

1. Infeksi saluran kemih

Ingin selalu buang air kecil yang tidak dapat ditahan serta diiringi demam dan rasa tidak nyaman atau nyeri pada area perut dapat menjadi pertanda infeksi saluran kemih.

Kandung kemih terlalu aktif (overactive bladder). Kondisi dimana otot kandung kemih berkontraksi tiba-tiba secara tidak terkontrol sehingga menyebabkan keinginan untuk buang air kecil walaupun kandung kemih belum penuh dengan urine.

BACA JUGA: Ini Cara Membuang Rasa Was-was setelah Buang Air Kecil

2. Infeksi ginjal

Selain sering buang air kecil, gejalanya antara lain sakit punggung, sakit pada pangkal paha, mual, muntah, diare, demam, serta gemetaran.

3. Batu ginjal

Ini merupakan batu mineral yang terbentuk di dalam kandung kemih ketika urine terkonsentrasi. Gejala lainnya adalah kencing yang keluar sedikit-sedikit disertai rasa nyeri, bangun tidur di malam hari untuk kencing, sakit pada perut bagian bawah, terdapat darah pada urine atau warna urine berubah gelap maupun keruh.

BACA JUGA: Sering Buang Air Kecil, Kenali Penyebabnya (2-Habis)

4. Kehamilan

Pada awal kehamilan, uterus akan tumbuh dan menekan kandung kemih, sehingga menyebabkan sering buang air kecil.

5. Diabetes

Sering buang air kecil dengan jumlah urine yang tidak normal seringkali merupakan gejala diabetes. Hal ini disebabkan karena tubuh berusaha membersihkan glukosa yang tidak terpakai di darah melalui urine.[]

 

SUMBER: ALODOKTER

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline