kebiasaan seorang psikopat
Foto: Getty Images

Sering Dianggap Normal, 5 Kebiasaan Psikopat Ini Wajib Anda Tahu

Seorang psikopat cenderung dikaitkan dengan karakter yang bengis, tidak kenal empati, dan tidak pernah menyesali perbuatan. Selain itu, ada juga yang berciri jauh dari kata seram, seperti tampak memesona, dan menjadi orang yang sangat baik.

Namun, menurut penelitian, karakteristik seorang psikopat ternyata bisa muncul dalam perilaku sederhana yang dianggap biasa.

Dilansir dari Mental Floss, berikut adalah enam karakteristik psikopat yang ditunjukkan dalam sikap sehari-hari menurut penelitian terbaru, Selasa (21/11/17).

1. Suka Eminem

Studi di New York University menunjukkan orang-orang terindikasi psikopat biasanya menyukai lagu-lagu Eminem, seperti ‘No Diggity,’ ‘Lose Yourself,’ dan ‘May Sharona.’

2. Jarang menguap dan menangis

Menjadi psikopat sering dikaitkan dengan kurangnya empati untuk orang lain. Ada ciri yang lebih dalam ketimbang empati ini. Salah satu teori yang diambil peneliti adalah respons empati itu sendiri. Peneliti melibatkan 135 mahasiswa di Texas pada 2015. Siswa yang terindikasi psikopat jarang menguap dan jarang menangis saat menonton video atau menyaksikan kejadian di depan mata. Mereka dinilai bermasalah dengan empati.

3. Suka begadang

Psikopat tidak pernah mau tidur lebih awal. Mereka suka begadang. Sampai batas tertentu, ritme sirkadian genetiknya berubah sepanjang hidupnya. Mereka cenderung antisosial karena sering terjaga di larut malam.

 

4. Sangat kreatif

Psikopat sangat kreatif. Pada 2016, ilmuwan Filipina mencoba mengukur kreativitas para psikopat. Jalan pikiran mereka sangat kreatif. Sebagian dari mereka menyalurkan kreativitasnya ke jalan yang benar, sebagian lainnya ke jalan yang salah atau jahat. Mereka yang jahat cenderung menggunakan kemampuannya unuk melanggar peraturan dan hukum.

5. Berteman dengan musuh

Psikopat dikenal sangat dingin dan sifat itu menyebabkan mereka tetap bisa memanipulasi orang lain, misalnya tetap berteman dengan musuh atau orang yang mengecewakan mereka sekali pun. Studi September 2017 di Oakland University menemukan dalam sampel 800 orang, bahwa orang dengan ciri-ciri psikopat mempertahankan hubungan dengan alasan pragmatis dan transaksional. Mereka juga cenderung narsis dan ingin dikagumi orang lain. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *