Unik, Informatif , Inspiratif

Sering Galfok? Awas Anda Kena Brain Fog!

0 27

Dalam kehidupan sehari-hari, kondisi brain fog merupakan kejadian yang kadang kita alami. Seperti misalnya tiba-tiba lupa, kebingungan, atau gagal fokus. Tenang saja, brain fog bukan merupakan gejala penyakit serius.

Namun, bila terjadi secara terus menerus tanpa diketahui akibatnya, bisa jadi merupakan pertanda suatu penyakit. Brain fog ini biasanya akan muncul pada kondisi-kondisi berikut:

1. Hamil

Kebanyakan perempuan akan merasakan brain fog saat sedang dalam masa hamil. Kondisi hamil membuat kondisi tubuh kita tentu saja berubah, berikut juga sistem kerja tubuh. sistem metabolisme tubuh saat hamil yang juga memiliki prioritas untuk menjaga kesehatan bayi memang bisa mempengaruhi ingatan perempuan.

2. Multiple Sclerosis (MS)

Gangguan ini akan mempengaruhi kerja saraf dan juga otak, yang akhirnya juga berakibat pada gangguan dengan sistem kerja tubuh kita. Separuh penderita MS mengeluhkan ingatan yang buruk, gagal fokus, bahkan juga gagap bahasa.

3. Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan baik yang didapatkan melalui resep dokter ataupun yang bukan bisa menyebabkan brain fog. Tanda-tandanya, tidak bisa berpikir jenis, susah untuk fokus, atau tiba-tiba sulit mengingat setelah mengonsumsi obat-obatan. Lebih baik segera ke dokter, ya.

4. Pengobatan Kanker

Kemoterapi merupakan salah satu penyebab timbulnya brain fog. Biasanya akan berangsur hilang setelah menjalani pengobatan, namun ada juga yang masih mengalami brain fog padahal sudah menyelesaikan pengobatan.

5. Menopause

Perempuan akan makin susah mengingat atau mempelajari hal baru ketika sudah memasuki masa menopause, biasanya sekitar umur 50 tahun.

6. Depresi

Saat sedang tertekan, bisa saja kemampuan kita untuk mengingat makin susah, susah memusatkan perhatian, juga susah berpikir. bila mulai menganggu, lebih baik konsultasi ke dokter untuk penanganan yang tepat.

7. Kurang Tidur

Terlalu lelah, kurang tidur, bisa menyebabkan brain fog. Setidaknya, setiap harinya kita membutuhkan 7 hingga 9 jam untuk tidur. hindari kafein dan alkohol bila ingin tidur nyenyak, ya. []

SUMBER: TRIBUNNEWS

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline