Unik, Informatif , Inspiratif

Sering Nyeri Sendi? Ini Penyebabnya Nih!

0

Nyeri sendi bisa dialami oleh siapapun, baik usia tua maupun muda, yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, bila dibiarkan dan berlangsung lama, nyeri bisa makin parah dan mengakibatkan kerusakan sendi secara permanen.

Walaupun nyeri sendi bisa dialami oleh siapa saja, tapi ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena nyeri sendi. Faktor risiko yang perlu diketahui antara lain:

1. Lanjut Usia

Kaum lanjut usia rentan mengalami nyeri sendi. Karena, seiring bertambahnya usia, cairan pelumas sendi pun akan berkurang, sehingga akan mudah mengalami gesekan dan nyeri.

2. Gerakan Berulang pada Satu Sendi

Pada para pekerja yang melakukan gerakan tertentu secara berulang di satu sendi, itu akan membuat sendi tersebut mudah mengalami peradangan dan timbullah nyeri.

3. Kelebihan Berat Badan

Kegemukan atau obesitas akan membuat beban sendi semakin tinggi, sehingga menimbulkan nyeri sendi.

4. Merokok

Kebiasaan merokok dapat mengakibatkan reaksi peradangan di seluruh tubuh, termasuk di sendi.

5. Minim Aktivitas Fisik

Kebiasaan duduk, berbaring, dan jarang olahraga bisa membuat sendi dan otot penyokongnya tidak terlatih dengan baik. Akibatnya, nyeri sendi pun mudah terjadi.

Apabila nyeri sendi tak kunjung membaik dan mulai mengganggu aktivitas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dokter mungkin akan melakukan sejumlah pemeriksaan terhadap sendi dan pemeriksaan penunjang lainnya. Dari situ, penanganan nyeri sendi bisa ditentukan, bisa dengan pengobatan atau fisioterapi yang tepat.

Jangan biarkan nyeri sendi merenggut kenyamanan dalam beraktivitas. []

SUMBER: www.klikdokter.com


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.