bocah es china, Setahun Lalu, Bagaimana Kehidupan Sekarang Bocah Es dari China Itu? (1)
Unik, Informatif , Inspiratif

Setahun Lalu, Bagaimana Kehidupan Sekarang Bocah Es dari China Itu? (1)

0

Melihat fotonya, pikiran kita pasti terbersit kepada kisah perjuangan bocah lelaki di China yang menembus dinginnya cuaca untuk bersekolah.

Wang Fuman, si bocah es dari pegunungan provinsi Yunnan. Ya, ia harus berjalan kaki 4,5 km menuju sekolah sambil menerjang cuaca dingin yang menusuk. Hingga rambutnya berubah menjadi putih karena dilapisi es.

BACA JUGA: Malang, “Bocah Es” di Cina Dikeluarkan dari Sekolah karena Fotonya Viral

Januari 2018, setahun lalu, sang guru membagikan foto bocah 8 tahun itu. Warganet dunia langsung membicarakan soal kemiskinan di China.

Kini, setahun berlalu, kehidupan Wang dan keluarganya sudah layak. Dia tidak harus menerjang udara -9 derajat Celcius untuk ke sekolah.

Seperti diwartakan BBC, Senin (7/1/2019), Wang dan keluarganya sudah pindah dari gubuk lumpurnya ke sebuah rumah dua lantai. Rumah itu hanya berjarak 10 menit dengan berjalan kaki di jalan aspal menuju sekolahnya.

“Hidup jauh lebih baik,” kata ayah bocah itu, Wang Gangkui.

BACA JUGA: Hampir Beku, Bocah SD di China Ini Nekad Terobos Dingin demi Ikuti Ujian

“Dibandingkan dengan dinding lumpur dan jalan berlumpur, kami jauh lebih terlindungi dari angin dan hujan,” ucapnya.

Wang Gangkui kini bekerja di konstruksi di wilayah Kunming, ibu kota Yunnan. Dia mendapat upah cukup tinggi sekitar 200 yuan atau Rp. 409.000 per hari.

The Star melaporkan, kisah Wang Fuman membuatnya dibanjiri berbagai hadiah, diwawancarai wartawan, dan bagkan diundang untuk mengunjungi sekolah impiannya, Public Security University of China di Beijing. []

Lanjut ke bagian 2-habis

SUMBER: BBC | THE STAR | KOMPAS


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.