Rumah di Tengah Jalan (foto: Liputan6)

Setelah 14 Tahun di Tengah Jalan Raya, Rumah di Cina Inipun Akhirnya Digusur

Rumah kesayangan yang telah ditempati belasan tahun rasanya sangat susah untuk ditinggalkan, apalagi jika harus digusur atau bahkan dihancurkan karena sebab dan kepentingan lain.

Zhang Xinguo, sang pemilik rumah terkenal di Shanghai, Tiongkok pastinya memiliki perasaan serupa, bahkan lebih terpukul setelah tahu rumahnya harus digusur. Bagaimana tidak, rumah tersebut sudah bertahan selama 14 tahun di tengah jalan raya Distrik Songjiang–yang menyebabkan rumahnya terkenal.

Berawal pada tahun 2003, Zhang mendapat surat dari pemerintah untuk segera meninggalkan kediamannya itu di karenakan pemerintah berencana membangun proyek jalanan di sekitar distrik tersebut. Saat negosiasi, pada awalnya pemerintah menawarkan empat apartemen untuk pengganti rumahnya, tapi rupaya tawaran tersebut kurang menarik bagi keluarga Zhang dan tujuh anggota keluarganya.

“Saat itu, dengan sebuah keluarga besar, kami meminta enam apartemen sebagai imbalan. Namun, pemerintah hanya dapat menjanjikan empat,” kata Zhang kepada Xinhua News Agency dari China Global Television Network (CGTN).

Merasa gagal untuk mencapai kesepakatan, akhirnya rumah itu tetap berdiri di tengah jalan. Pada tahun 2011, rumah Zhang menjadi satu-satunya bangunan yang tersisa di distrik tersebut. Rumah yang berada di tengah jalan raya bahkan menyebabkan kemacetan lalu lintas hingga kecelakaan.

Selain itu, keberadaan rumah Zhang menyebabkan jalan yang semestinya bisa digunakan empat jalur, hanya bisa terbagi menjadi dua jalur.

Akhirnya di tahun 2016, pemerintah daerah kembali mencoba mengirim petugas untuk mengetahui situasi keluarga dan memulai kembali proses negosiasi. Dalam kesepakatan akhir yang dibuat, Zhang dan keluarganya mau menerima empat apartemen ditambah kompensasi uang senilai 2,3 juta yuan atau sekitar Rp 4,6 miliar.

“Kami merasa mereka mempunyai kesabaran yang tinggi akhirnya hati kami tergerak untuk menyetujui pindah tempat,” lanjut Zhang. []

Sumber: Xinhua News Agency | Liputan6


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

dampak buruk bekerja dari rumah

Pekerja Keras Rentan Alami Burnout, Ini Ciri-cirinya

Stres pun biasanya akan datang saat sudah sangat letih bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *