myanmar ratakan desa rohingya
Foto: Republika

Setelah Bakar Desa Rohingya, Myanmar Kini Ratakan dengan Bulldozer

Pemerintah Myanmar menggunakan bulldozer untuk meratakan desa-desa Rohingya dengan tanah setelah sebelumnya membakarnya. Aksi ini dinilai dapat menghancurkan bukti penting kekejaman mereka terhadap minoritas etnis tersebut.

Gambar satelit yang menunjukkan wilayah utara Negara Bagian Rakhine di Myanmar, mengungkap beberapa desa dan dusun kosong telah benar-benar diratakan oleh pihak berwenang dalam beberapa pekan terakhir. Gambar tersebut diambil oleh DigitalGlobe yang berbasis di Colorado pada Jumat (23/2/18) dan dilihat langsung oleh Associated Press.

Jumlah desa yang diratakan itu ternyata jauh lebih banyak dari yang telah dilaporkan sebelumnya. Pada Agustus lalu, desa-desa itu dibakar ketika tentara Myanmar melakukan berbagai kekerasan terhadap warga Rohingya sehingga mendorong ratusan ribu warga melarikan diri ke Bangladesh.

Pendukung hak asasi manusia (HAM) khawatir pemerintah Myanmar akan menghancurkan bukti di TKP sebelum penyelidikan kredibel dilakukan. Namun, pemerintah justru mengklaim mereka sedang berusaha membangun kembali wilayah yang hancur di Rakhine. []

 


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *