Unik, Informatif , Inspiratif

Setelah Bebas, Apa Langkah Politik Ahok?

0 161

Setelah 2 tahun di penjara, sesuai putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara, terkait kasus penodaan Agama, Basuki Tjahaja Purnama akan bebas dari penjara. Pembebasan itu akan dilakukan pada awal tahun 2019. Namun
Apa rencana Ahok sekeluarnya dia dari penjari menjadi perhatian khusus khalayak. Apakah Ahok akan kembali terjun ke dunia politik, atau memiliki rencana yang lain.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Djarot Saiful Hidayat membocorkan sedikit arah politik Ahok.

Djarot mengatakan, Ahok cenderung memilih masuk ke PDI-Perjuangan jika nanti kembali terjun ke politik.

Menurut Djarot, Ahok menganggap bahwa PDI-P menjadi partai terdepan yang mendukungnya dalam menghadapi kesulitan di Pilkada DKI 2017.

BACA JUGA: Respon Ahok untuk ‘A Man Called Ahok’

Djarot juga menjelaskan bahwa Ketika Ahok terkena masalah soal tuduhan penistaan agam, PDI-P adalah partai yang mendukung Ahok.

Maka jika arahan langkah Ahok menuju PDIP, menjadi tidak aneh bila Ahok mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Djarot juga menambahkan keterangannya bahwa Ahok berpesan kepada pendukungnya untuk memilih Jokowi juga.

“Mas tolong pendukung-pendukung kita itu, kalau bisa jangan golput. Kalau bisa pilih Pak Jokowi,” kata Djarot menirukan ucapan Ahok.

Sebenarnya ucapan Djarot baru bisa terbukti kebenarannya nanti. Ucapan Djarot akan terbukti setelah Ahok bebas dari Mako Brimob. Walaupun sejauh ini Ahok telah menunjukan tanda-tanda. Kecenderungan Ahok kepada PDI-P muncul dari sosok stafnya, Ima Mahdiah, yang kini nyaleg untuk DPRD DKI Jakarta.

BACA JUGA: Tak Disangka, Peran Rocky Gerung di Balik Tim AHY hingga Guru Politik Ahok

Ima yang sebelumnya bukan kader manapun, masuk PDI-P untuk ikut Pemilihan Legislatif 2019. Ima mengaku bahwa Ahok yang minta Ima masuk PDI Perjuangan.

“Beliau mengatakan, kalau mau berjuang ya lewat PDI Perjuangan,” kata Ima.

Menurut Ima, Ahok sangat terkesan dengan militansi kader-kader PDI Perjuangan saat mendukungnya dalam Pilkada DKI 2017.

Berbeda engan yang dibicarakan Djarot, dalam akun instagram @basukibtp pernah mengunggah foto tulisan Ahok dari penjara. Namun dalam tulisan itu, Ahok tidak menyebut secara spesifik nama pasangan calon yang akan dia dukung.

Ahok hanya mengajak pendukungnya untuk tidak golput dan memilih sahabatnya.

“Ahokers sejati pasti tegakan kebenaran, kejujuran, dan keadilan. Tidak boleh golput, tetap pilih Ahok dan sahabatnya,” tulis Ahok.

Ahok memberikan garis di bawah kata ‘sahabatnya’. Foto itu diunggah pada 26 Juni 2018.

Fahri Hamzah selaku waki ketua DPR juga meramalkan Ahok akan kembali ke dunia politik. Dan menurutnya bukan hal yang aneh bila Ahok memilih merapat ke PDIP.

“Malah kalau tiba-tiba dia dukung Pak Prabowo, misalnya dia tiba-tiba bilang ‘ini karena saya jadi gubernur atas budi baik Gerindra dan Pak Prabowo, maka saya hari ini akan mendukung Pak Prabowo sebagai calon presiden’. Ah itu baru seru,” ujar Fahri.

Fahri mengingatkan agar Ahok tidak lupa, bahwa politik ini pertarungan, “memang napas harus kuat, stamina harus tinggi dan tidak boleh kapok apalagi menjadi pendendam,” ujar Fahri.

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, juga berharap Ahok bisa berkiprah kembali di dunia politik. Sebagai orang yang sama-sama pernah mengabdi untuk Jakarta, Sandiaga ingin Ahok bisa melanjutkan perjuangannya.

“Sebenarnya tidak ada ucapan khusus tapi saya berharap beliau melanjutkan pengabdian pada negeri,” kata Sandiaga. []

SUMBER: KOMPAS

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline