Unik, Informatif , Inspiratif

Setelah Jawa timur, Gempa Guncangkan Papua Nugini Beberapa Jam Kemudian

0 40

Otoritas Papua Nugini baru mengonfirmasi laporan kerusakan dan potensi gempa susulan serta tsunami, pasca-hantaman gempa 7 skala Richter yang melanda pulau terpencil di sebelah timur negara itu, Kamis (11/10/2018) pagi ini.

BACA JUGA: Akibat Gempa M 6,4 Situbondo, 3 Orang di Sumenep Tewas

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa tersebut melanda wilayah New Britain yang berjarak sekitar 200 kilometer barat daya kota Rabaul, Papua Nugini. Pusat pergerakan lempeng dilaporkan berada di kedalaman hampir 40 kilometer, tepat sebelum pukul 07.00 pagi waktu setempat.

Penduduk Kota Rabaul sempat dilanda kepanikan dengan berlarian menuju area terbuka. Namun, hal itu tidak berlangsung lama, dan aktivitas pagi setempat sudah kembali berjalan seperti biasa.

“Kami merasakan gempa sedikit, tetapi itu tidak terlalu kuat,” kata Roy Michael dari kantor polisi Rabaul, sebagaimana dikutip dari ABC Australia pada Kamis (11/10/2018).

Michael mengatakan tidak ada kerusakan di kota Rabaul, tetapi otoritas Papua Nugini belum dapat menghubungi desa yang berjarak paling dekat ke pusat gempa.

BACA JUGA: Masjid-Masjid Donggala Itu Masih Kokoh Diterpa Gempa dan Tsunami

Sementara itu, Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan, tidak ada ancaman gelombang tsunami dilaporkan, meskipun ombak sebelumnya sempat diperkirakan mencapai ketinggian hampir satu meter.

Chris McKee dari Departemen Manajemen Geohazard Papua Nugini di ibukota, Port Moresby, mengatakan pihak berwenang masih mencoba untuk mengkonfirmasi laporan kerusakan atau jika tsunami kemungkinan dihasilkan. []

SUMBER: LIPUTAN6 | ABC AUSTRALIA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline