Unik, Informatif , Inspiratif

Setelah Tentara, Perempuan Saudi Pun Bisa Jadi Tour Guide

0

Setelah diizinkan bergabung dengan militer dan bekerja di pusat kendali lalu lintas udara, kini perempuan Saudi juga dapat menjadi pemandu wisata atau Tour Guide.

seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (06/03/2018), perempuan Saudi kini bisa menjadi pemandu wisata setelah mendapat lisensi dari Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi (SCTNH).

Direktur Sektor Perhotelan SCTNH, Badr al-Obaid menyampaikan, mulai tahun ini, wanita Saudi dapat mengajukan izin untuk mendapatkan lisensi pemandu wisata.

“Untuk persyaratan yang dibutuhkan dalam mendapatkan izin sebagai pemandu wisata bagi perempuan dapat dilihat di laman situs resmi SCTNH,” kata al-Obaid.

Dalam Forum Pemberdayaan Perempuan dan Integrasi di Jeddah yang digelar Minggu (04/03/2018), al-Obaid menyampaikan rencana SCTNH yang ingin melakukan “Saudisasi” di berbagai tingkat di sektor pariwisata di Arab Saudi.

Disampaikannya, program pelatihan telah diberikan kepada lebih dari 8.000 pemuda Saudi yang akan dilibatkan dalam bursa kerja.

Lebih dari 400 warga Saudi juga telah dikirim untuk beasiswa ke luar negeri dalam dua tahun terakhir guna mempersiapkan individu yang memenuhi persyaratan untuk bekerja di sektor pariwisata.

SCTNH turut mendukung kaum muda Saudi yang ingin berinvestai di bidang pariwisata, sesuai dengan tujuan visi Saudi 2030.

Direktur hotel perempuan Saudi pertama, Hessa al-Mazroa, berbicara dalam forum tentang tantangan bekerja di sebuah perusahaan yang harus memenuhi standar internasional.

“Pemberdayaan perempuan datang dengan tanggung jawab,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Departemen Urusan Wanita Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial, Eman Rajhan, menyampaikan berbagai program yang ditawarkan oleh kementerian untuk memberdayakan perempuan.

Di antaranya melalui pekerjaan paruh waktu dan program kerja jarak jauh bersama dengan layanan transportasi. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline