Unik, Informatif , Inspiratif

Setiap Hari 6 Kubik Sampah Dibersihkan dari Kali Gendong

0 11

Permasalahan sampah di Negeri ini memang menjadi masalah sosial yang seakan tak pernah ada ujungnya. Kesadaran masyarakat tentang membuang sampah pada tempatnya dirasa masih kurang hingga masalah ini selalu muncul, seperti yang sedang terjadi di Kali Gendong.

Ketua RT 019 RW 17 Penjaringan, mengakui bahwa warganya turut andil dalam mengotori kali tersebut.

BACA JUGA: Unik, Bayar Bus dengan Sampah Ini Mengundang Perhatian Dunia

“Sampah memang dari sampah permukiman. Memang saya nyatakan bahwa masyarakat ini sudah terbiasa buang ke kali,” kata Tarso, Ketua RT 019 RW 17 Penjaringan, Jumat (30/11/18).

Pernyataan serupa disampaikan oleh Petugas UPK Badan Air, Muslihin. Dia mengatakan bahwa kesadaran warga di lingkungan tersebut masih rendah.

Menurutnya, warga tetap cuek membuang sampah ke kali sekalipun petugas UPK Badana Air sedang bertugas membersihkan sampah.

BACA JUGA: Kisah Pria AS Tentang Kontak dengan Suku Sentinel Sebelum Dibunuh

“Pernah saya bilangin ke warga, nanti buangnya di sini aja, di tepi kali gapapa biar kami yang ambil. Eh mereka tetap saja buangnya ke kali,” kata Muslihin.

Dari keterangan yang disampaikan Muslihin, setiap hari ada 13 orang petugas yang dikerahkan untuk membersihkan kali tersebut, dan para petugas ini rata-rata mengumpulkan sekira enam kubik sampah rumah tangga setiap harinya. []

 

SUMBER: KOMPAS

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline