Unik, Informatif , Inspiratif

Setiap Perbuatan Manusia Tidak Luput dari Pengawasan Allah

0

Kadang manusia tidak menyadari waktu sendirinya, padahal saat ia sendiri sebenarnya ia tidak pernah sendiri. Tak pernah sedetikpun waktu di dunia yang terlewati dari pengawasan Allah SWT. Ia adalah sebaik-baiknya maha melihat, yang mampu melihat setiap gerak-gerik hambanya dari segala penjuru.

Dan karena-Nya lah manusia tidak dapat bersembunyi dimanapun dalam pandangan Allah.

“Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi berada di dalam batu, atau di langit, atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkan (balasan)-nya. Sesungguhnya Allah Maha Awas lagi Maha Tahu.” (QS. Luqman: 16).

BACA JUGA: Dari 100 Rahmat Allah, hanya 1 yang Turun ke Bumi

Dari ayat tersebut menjelaskan bahwa segala amal perbuatan yang dilakukan oleh manusia pastilah Allah mengetahuinya. Entah itu kebaikan ataupun keburukan, dan Allah SWT telah mempersiapkan balasannya.

“Sesungguhnya tidak ada sesuatupun yang tersembunyi di mata Allah, baik yang ada di langit maupun yang ada di bumi.” (QS. Ali Imran: 6).

Jika manusia mampu membaca dan memahami firman-Nya, hendaklah ia sadar bahwa segala perilaku dan tingkah lakunya terekam oleh-Nya. Dan kelak, perilaku manusia tersebut akan Allah perlihatkan akhirat.

BACA JUGA: Pertanyaan Allah kepada para Nabi dan Kesaksian Umat untuk Mereka

Saat waktunya tiba, segala sesuatu yang manusia sembunyikan dan tutupi dari manusia lainnya di bumi akan terbongkar dan terbuka seketika juga di akhirat kelak. Berdasarkan hal itu, hendaklah manusia takut akan kekuasaan dan pengawasan-Nya. Dengan begitu, pastilah manusia akan senantiasa menjaga setiap sikap dan perilakunya untuk senantiasa sesuai dengan sunnahnya. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.