Mudahkan Anda untuk Shalat Tahajud
Foto

Shalat Awal Waktu, Kunci Hidup Disiplin


lelaki-shalat-sujudINSPIRADATA. Islam sangat memperhatikan semua aktivitas kehidupan manusia. Mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Ini mencerminkan bahwa Islam sangat menghargai waktu. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-‘Asr (103),

”Demi masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati supaya bersikap sabar.” (ayat 1-3).

Dari ayat di atas ada pelajaran yang kita dapatkan yaitu hubungan antara waktu, ikhtiar (amal) dan kerugian. Jadi, rugilah jika kita tidak memanfaatkan waktu dengan baik.

Begitupun dengan waktu shalat. Kita haruslah memperhatikan waktu shalat, baik wajib atau sunnah.
Ada banyak manfaat dari jadwal waktu shalat wajib dan sunnah. Salah satunya, setiap aktivitas yang kita lakukan disesuaikan dengan waktu shalat. Sehingga kegiatan kita dapat tersusun dan terjadwal dengan baik.

Mengapa kita menggunakan jadwal shalat sebagai patokan untuk menghentikan dan memulai suatu kegiatan? Karena kita bukan robot yang bisa di set seperti mesin. Selain itu, bahaya dan rugilah kita jika melalaikan bahkan sampai meninggalkan waktu sholat karena urusan dunia.

Padahal Allah SWT telah memperingatkan dalam firman-Nya yang artinya,

“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al-Maa’uun: 4-5)

Orang yang melalaikan waktu shalat disini menurut Al-Haafizh Ibnu Katsiir rahimahullahu ta’ala yaitu salaha satunya, adalah orang yang menunda shalat dari awal waktunya sehingga ia selalu mengakhirkan sampai habis waktunya, kemudian ia baru mengerjakannya di luar waktunya. []

Sumber: https://abuzuhriy.wordpress.com/2010/02/20/melalaikan-shalat-tidaklah-sama-dengan-meninggalkan-shalat/


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *