bolehkah menunda shalat
Foto: Shutterstock

Shalat Jum’at Terlambat, Harus Bagaimana?

Para ulama bersepakat bahwa siapa yang tertinggal/terlambat ikut jamaah shalat jumat, maka harus shalat zhuhur empat rakaat. Dan apakah seorang itu bisa dikatakan mengikuti berjamaah shalat jumat atau tidak, Bisa bila minimal masih mendapat satu rakaat bersama imam dalam shalat jumat.

Misal, pada shalat jumat ada seseorang yang terlambat. Lalu dia ikut shalat bersama imam, saat itu imam sudah berada rakaat kedua tetapi belum bangun dari ruku. Bila makmum itu sempat ruku bersama imam, berarti dia telah mendapatkan satu rakaat bersama imam. Maka dia telah mendapatkan shalat jumat karena minimal ikut satu rakaat. Jadi bila imam mengucapkan salam, maka dari itu dia berdiri lagi untuk menyelesaikan satu rakaat lagi.

Tetapi bila seseorang itu tidak sempat bersama imam disaat ruku dirakaat kedua atau imam sudah i’tidal (bangun dari ruku). Maka dia tidak mendapatkan minimal satu rakaat bersama imam. Berarti yang harus dilakukannya adalah tetap ikut dalam berjamaah itu, tapi berniat untuk shalat dzuhur empat rakaat.

Ketetentuan ini berdasarkan sabda Rasulullah SAW:
Dari Abi Hurairah ta.”Siapabyang mendapatkan satu rakaat bersama imam, maka dia terhitung (mendapatkan) shalat itu.” (Hadits Muttafaq Alaihi: Bukhari no. 580, Muslim 607).

Selain dalil ini ada beberapa hadits lain yang senada yang diriwayatkan oleh An-nasa’i, Ad-Daruquhtuni dan lainnya.

Wallahu a’lam bishshawab. []


Artikel Terkait :

About Fauzan Ahmad Lukman

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *