Si Cantik Berhijab Ini Ternyata Seorang Pilot Pesawat Tempur

niloofar-rahmani-afghan-mINSPIRADATA. Jilbab tidak lagi identik dengan wanita rumahan saja. Wanita berjilbab saat ini banyak yang telah berkarya dan memiliki karier yang bagus. Beberapa dari mereka bahkan mampu menyentuh profesi yang seringkali didominasi laki-laki.

Salah satu dari wanita berjilbab yang memiliki profesi menantang di dunia yang biasanya didominasi kaum Adam adalah Niloofar Rahmani. Gadis beruisa 23 tahun asal Afganistan tersebut berprofesi sebagai pilot pesawat tempur.

Mimpinya menjadi pilot tempur itu mulai dia rintis sejak usia 18 tahun. Cita-citanya menjadi pilot itu didukung penuh oleh keluarganya. Terutama sejak rezim Taliban yang memerintah Afghanistan tumbang pada 2001. Selama pemerintahan Taliban berkuasa, keluarga Rahmani berani menentang fatwa ketat yang melarang pendidikan untuk anak perempuan. Rahmani pun memilih belajar di rumah keluarganya di Kabul.

Ia pun mengawali karirnya sebagai pilot pesawat tempur sejak usia 21 tahun. Mimpinya menjadi pilot tempur juga ditulis di akun Twitter pribadinya.

”Saya melihat ini sebagai kesempatan untuk mengejar impian seumur hidup saya menjadi pilot, dan saya tidak perlu berpikir dua kali untuk mendaftar pada layanan ini,” bunyi Tweet yang dia tulis pada tanggal 17 April 2015.

Menjadi pilot pesawat tempur telah menjadi tekadnya untuk melawan stereotip gender kuno yang tumbuh di negara asalnya. Saat berusia 21 tahun, Rahmani tanpa rasa takut telah menerbangkan pesawat tempur Cessna 208 keluar masuk zona konflik. Atas dedikasinya, dia diberi penghargaan “International Woman of Courage Award” dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS).[]


Artikel Terkait :

About Susanti

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *