Polisi Sedang Mengamankan Lokasi Serangan Bom

Siapa Dalang Dibalik Bom Manchester? Berikut Profilnya

INSPIRADATA. Pelaku Serangan bom bunuh diri yang menyerang Manchester arena ketika konser Arian Grande pada Selasa (23/5) dini hari, nampaknya berhasil diidentifikasi.

Pihak kepolisian setempat mengatakan bahwa pelaku dari bom bunuh diri tersebut bernama Salman R Abedi berusia 22 tahun. Siapakah sebenarnya Salman ini?

Salman adalah seorang pemuda yang masih menempuh sekolah di salah satu perguruan tinggi di Inggris. Ada beberapa profil yang diketahui dari seorang sosok Salman ini. Berikut profil dibalik sosok Salman sebagaimana dikutip oleh Idntimes, Rabu (24/5/2017).

1. Salman lahir dan tumbuh di Manchester, tapi dia tinggal di lingkungan komunitas Libya.

Salman diketahui lahir dan tumbuh di Manchester. Namun, dia hidup dalam komunitas Libya yang ketat karena mereka menentang kuat rezim Muammar Gaddafi. Badan intelijen kini masih menyisir hubungannya dengan al-Qaeda dan negara Islam di tanah asal orang tuanya.

2. Sebelum mengebom Manchester, pelaku sempat pulang ke Libya.

Entah apa motifnya, namun polisi setempat mendapatkan informasi bahwa Salman diperkirakan sempat kembali ke Libya beberapa hari sebelum melancarkan aksi bom bunuh dirinya. Seorang teman sekolahnya mengatakan bahwa dia pulang ke Libya tiga minggu yang lalu dan kembali baru-baru ini. Kepulangannya diduga adalah untuk berinteraksi dengan para jihadis-jihadis di negara tersebut.

3. Pelaku diduga terkena cuci otak radikalisme.

Salman diduga telah dicuci otak oleh ajaran radikal. Dia juga diketahui sebagai pemuda yang aktif di tempat-tempat ibadah. Tempat ibadah tersebut kini tengah diselidiki karena diduga mengumpulkan dana untuk para pelaku jihad.

4. Anak kedua dari empat bersaudara.

Salman adalah pria kelahiran tahun 1994. Dia merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Orang tua Salman adalah pengungsi Libya yang melarikan diri ke Inggris untuk melarikan diri dari Gaddafi. Ibunya bernama Samia Tabbal, sementara ayahnya bernama Ramadan Abedi, seorang petugas keamanan. Keduanya lahir di Tripoli kemudian pindah ke London, di selatan Manchester.

5. Salman adalah mahasiswa Univesitas Salford.

Usai tamat sekolah, Salman melanjutkan ke jenjang Universitas. Dia kuliah di Salford University pada tahun 2014. Dia memilih jurusan manajemen bisnis. Namun itu tak lama karena kemudian dia memilih untuk putus kuliah. []


Artikel Terkait :

About Ferry Ardiyanto Kurniawan

Seorang anak muda dengan cita-cita luhur yang sedang berproses secara perlahan tanpa jeda!

Check Also

setan

Kulit Membiru karena Dicubit Setan, Benarkah?

Hal ini disebabkan karna penggumpalan darah akibat pecahnya dinding pembuluh darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *