Unik, Informatif , Inspiratif

Siapa Jawed Karim, Sang Pengunggah Video Pertama YouTube?

0

Jawed Karim, diketahui sebagai penggunggah video pertama ke YouTube pada tahun 2005 dengan video berjudul ‘Me at the Zoo’.

BACA JUGA: YouTuber Asal New York: Apakah Indonesia Punya Aturan Lalu Lintas?

Ia adalah co-founder YouTube. Awalnya, Karim membuat YouTube dengan tujuan menjadikannya platform matchmaker alias situs kencan.

Siapa sangka, hasil karyanya malah besar sebagai platform penyedia konten berbagai jenis video.

Karim lahir di Merseburg, Jerman Timur pada tahun 1979. Ayahnya, Naimul Karim adalah seorang peneliti, sementara ibunya adalah pengajar Kimia di Minnesota University. Jawed Karim pergi ke Amerika pada tahun 1992 dan berkuliah di University of Illinois.

Pada tahun 2005, dia bekerja sama dengan Chad Hurley dan Steve Chen untuk mengembangkan berbagai proyek, salah satunya adalah situs video yang kini kita kenal sebagai YouTube.

Pada awalnya, YouTube hanya punya sedikit sekali pengguna. Saking sedikitnya video yang diunggah ke Youtube, Karim sempat mengunggah sendiri video pesawat lepas landas hanya untuk mengisi konten website yang sepi pengunjung.

BACA JUGA: Facebook, YouTube, Microsoft dan Twitter Bersatu Lawan Terorisme

Saat awal diluncurkan, para pendirinya hanya bermodal 100 dolar untuk menyewa server, tempat penyimpanan video. Titik tolaknya adalah saat Google membeli situs tersebut dengan harga US$ 1,65 miliar atau sekitar Rp 23,7 triliun. []

SUMBER: TEEN | YOUTUBE


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.