Unik, Informatif , Inspiratif

Siapa Sangka, Tempat Wisata Ini Dulunya Tak Ada

0
wisata
Wisata (foto: travelingyuk)

INSPIRADATA. Berjuta-juta tahun yang lalu, mungkin tanah tempat rumahmu berdiri belum ada, atau masih berupa hutan atau tempat wisata yang dulunya seperti itu.

Beberapa kota besar, seperti Venesia dan Bangkok bahkan sudah diramalkan akan tenggelam. Apalagi kalau bukan dikarenakan kejadian alam yang berkekuatan maha dashyat. Ternyata, 5 daerah wisata yang ada di Indonesia ini dulunya juga bukanlah daratan. Apa saja?

Gunung Kidul, Yogyakarta Dulu Bukanlah Daratan

Pantai Wohkudu, Gunung Kidul

Siapa yang menyangka bahwa obyek wisata gunung kidul di Yogyakarta dulunya bukanlah sebuah daratan. Kesimpulan ini disebutkan karena adanya batuan gamping yang menyimpan fosil dari moluska laut dangkal. Seperti yang kita tahu, area ini memiliki banyak pantai-pantai indah yang menjadi daya tariknya.

Telaga Biru, Gunung Kidul

Kebumen, Jawa Tengah Dulu Tak Ada

Sawangan, Kebumen

Kebumen, daerah paling selatan di Jawa ini dulunya adalah dasar lautan. Hal ini rupanya sudah terbukt lewat keberaadaan Sungai Luk Ula yang membentang di sepanjang Karangsambung hingga bermuara di Samudra Hindia. Ditemukan pula batu-batu basalt yang berasal dari dasar laut telah membeku di area ini.

Laut Menganti, Kebumen

Lawu Juga Dipercaya Sebagai Dasar Laut oleh Para Peneliti

Gunung Lawu

Daerah Jawa Tengah lainnya yang dulunya bukan daratan adalah Gunung Lawu. Daerah yang berbatasan dengan Magetan, Jawa Timur ini memiliki karang yang berusia ribuan tahun tepat di puncak Lawu. Analisa tersebut juga diperkuat dengan ditemukannya tanaman langka yang hanya hidup di air.

Pendakian di Gunung LawuBandung Merupakan Daratan yang Baru

Teori yang menyebutkan bahwa Bandung merupakan dataran baru bahkan sudah pernah dibuktikan.

Peneliti asal Belanda berhasil membenarkan pendapatnya yang menyebutkan bahwa Paris Van Java awalnya adalah dasar lautan. Hal ini terbukti lewat batuan dan morfologi Gunung Api dengan kandungan material mirip sungai Citarum Purba.

Taman Hutan Raya, Bandung

Teori Puncak Jayawijaya Asalnya adalah Laut

Puncak Cartenz, Jayawijaya

Puncak Jayawijaya merupakan salah satu objek wisata papua yang unik dengan saljunya. Merupakan satu dari 3 tempat tropis di dunia yang memiliki salju abadi.Namun, banyak yang berpendapat bahwa puncak tertinggi di Papua ini dulunya merupakan dasar lautan. Teori ini dibuktikan dengan ditemukannya batuan sedimen dasar laut berumur puluhan juta tahun. Lokasinya yang dekat dengan Australia pun memunculkan anggaoan bahwa dua wilayah ini adalah satu bagian. []
Sumber: travelingyuk


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline