Siapa Suku Mante?

suku mante (foto: google)
suku mante (foto: google)

INSPIRADATA. Belakangan ini tersebar viral video tentang makhluk misterius berukuran kecil yang muncul di belantara Aceh.

Banyak masyarakat berspekulasi bahwa makhluk kecil itu merupakan suku Mante. Lantas, siapakah suku mante?

Menurut sejarawan Aceh, Rusdi Sufi, suku mante adalah suku kuno dari Aceh ini dikenal memiliki perawakan kecil.

Mengutip detik.com, Minggu (26/3/2017), Rusdi menjelaskan, Suku Mante ini sudah tidak ada lagi. Berdasarkan penuturan lisan di masa lalu, suku Mante ini berukuran kecil.

Rusdi menambahkan, Suku Mante ada jauh hari sebelum Islam masuk ke Indonesia pada abad 12. Suku ini biasanya berada di hutan belantara.

Baca Juga: Sosok Makhluk Mungil Kejutkan Crosser di Belantara Aceh

Seiring dengan perkembangan peradaban, Suku Mante yang primitif tersebut sudah tidak ada lagi. Sudah ada percampuran dengan para pendatang.

Literasi dan dokumentasi mengenai Suku Mante terbilang tak cukup banyak. Suku ini disebut-sebut dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh.

Peneliti Snouck Hurgronje dalam bukunya ‘De Atjehers’ menyebutkan suku ini masuk dalam etnis Melayu Proto. Disebutkan pula, suku tersebut menjadi salah satu pembentuk etnis Aceh.

Mengenai munculnya makhluk kecil di belantara Aceh, Rusdi belum bisa berkomentar lebih banyak. Dia perlu mendalami video kemunculan makhluk tersebut lebih dulu. []


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *