alzheimer
alzehimer (foto: theodyssey)

Sikapi Alzheimer dengan 6 Hal Ini

alzheimer
alzehimer (foto: theodyssey)

INSPIRADATA. Alzheimer banyak dikenal sebagai pikun yang wajar dialami para lansia. Namun nyatanya, gangguan ini memiliki dampak yang lebih parah dibanding pikun belaka.

Melihat bahaya yang disebabkan gangguan ini dan sasaran yang dapat menimpa siapa saja, maka dari itu, Alzheimer wajib dicegah sejak dini. Berikut ini beberapa cara mencegah Alzheimer dikutip dari beberapa sumber.

Menurut para pakar, Alzheimer disebabkan oleh beberapa hal. Faktor genetik menjadi penyebab utama dalam beberapa kasus. Fakta menunjukkan bahwa anak penderita Alzheimer beresiko 50% terkena gangguan ini daripada anak dari orangtua normal.

1.Diet

Salah satu cara mencegah resiko penurunan kognitif adalah dengan cara MIND diet. Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay atau MIND diet berfokus pada otak.

Dengan mengkonsumsi berries, minyak zaitun, sayuran berwarna gelap dan kacang-kacangan, dapat mencegah penurunan fungsi kognitif.

Tak hanya diet MIND, cara diet lain juga dapat mencegah Alzheimer asal pelaksanaannya tepat.

2.Aktif beraktifitas dan bersosialisasi

Selain menjaga asupan makan, olahraga juga diyakini dapat mencegah gangguan Alzheimer. Dengan melakukan olahraga, fungsi fisik dan psikis akan terus berkembang.

Sama halnya dengan bersosialisasi. Beinteraksi sosial dengan orang sekitar dapat merangsang kegiatan di otak sehingga mengurangi resiko gangguan Alzheimer.

3.Mengurangi stres

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 membuktikan bahwa ada hubungan antara tingkat stres dan penurunan kognitif. Peserta merupakan 41 orang pengidap gangguan kognitif ringan.

Penelitian menemukan mereka yang mempunyai tingkat stres lebih tinggi, akan memiliki tingkat penurunan kognitif yang lebih tinggi pula.

4.Berhenti Merokok

Penelitian membuktikan bahwa memiliki gaya hidup yang tak sehat seperti merorok, dapat menjadi salah satu penyebab seseorang terkenan gangguan Alzheimer. Maka dari itu, berhenti merokok menjadi salah satu cara mencegah gangguan ini.

5.Pola tidur sehat

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 menemukan bahwa memiliki pola tidur yang sehat dapat menjadi salah satu cara mencegah gangguan Alzheimer.

6.Merangsang proses kognitif

Cara ini dapat dilakukan dengan membaca dan bermain teka-teki silang. Permainan mengasah otak lainnya seperti permainan yang mengandalkan memori juga menjadi salah satu cara. []

Sumber


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *