troymedia

Frank Sinatra, Penyanyi Populer di Era Tahun 1940-an

troymedia

INSPIRADATA. Memulai karier musiknya di era musik Swing bersama Harry James dan Tommy Dorsey, Sinatra menjadi penyanyi solo yang sukses di era tahun 1940-an. Ia menjadi idola remaja saat itu yang menjuluki diri mereka “bobby soxers”. Karier profesionalnya terkesan macet di awal era tahun 1950-an, tetapi langsung meledak kembali setelah ia memenangkan Piala Oscar sebagai pemeran pembantu terbaik dalam film “From Here to Eternity”.

Sinatra kemudian dikontrak oleh Capitol Records dan meluncurkan beberapa album yang dipuji para kritikus musik, seperti In the Wee Small Hours, Songs For Swingin’ Lovers, Come Fly With Me, Only the Lonely dan Nice ‘n’ Easy. Ia meninggalkan Capitol Records untuk mendirikan perusahaan rekaman sendiri, Reprise Records (yang sukses dengan album-albumnya Ring-A-Ding-Ding, Sinatra at the Sands dan Francis Albert Sinatra & Antonio Carlos Jobim), melakukan tur internasional. Sahabat baiknya antara lain The Rat Pack (Dean Martin, Sammy Davis, Jr., Peter Lawford dan Joey Bishop) dan Presiden John F. Kennedy di awal era tahun 1960-an.

Ketika Sinatra berusia lima puluh tahun pada tahun 1965, ia merekam album retrospeksi berjudul September of My Years dan memenangkan Grammy Award Best Album Of The Year. Lagu-lagunya “Strangers in the Night” dan “My Way” meledak di pasaran di dekade 1960. Ia berupaya untuk bertahan di tengah-tengah perubahan selera dalam musik pop. Tapi dengan menurunnya penjualan album-albumnya, setelah terlibat dalam beberapa film yang gagal di pasaran dan mid-life crisis yang dialaminya (kematian ibunya dan penggantian keadaan fisik) ia memutuskan untuk pensiun dari dunia seninya pada tahun 1971.

Keluar dari masa pensiunnya pada tahun 1973, Sinatra kembali merekam beberapa album. Salah satu lagunya yang menjadi hit adalah “(Theme From) New York, New York”. Ia kembali tur menyanyikan lagu-lagunya baik di Amerika Serikat maupun di negara-negara lain hingga beberapa tahun sebelum ia meninggal pada tahun 1998.

Sinatra memiliki tiga orang anak: Nancy, Frank Jr. dan Tina dari istri pertamanya Nancy Barbato. Ia menikah tiga kali lagi, yakni dengan aktris Ava Gardner dan Mia Farrow, dan terakhir dengan Barbara Marx hingga saat kematiannya.  Dan tepat pada hari ini 101 tahun yang lalu, pada 12 Desember 1915, Sinatra lahir di Hoboken, New Jersey Amerika Serikat. []

Sumber: Wikipedia


Artikel Terkait :

About Mila Munawwaroh

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *