Butuh Istirahat
Foto: Butuh Istirahat

Sinyal Tubuh Inilah Tandakan Anda Butuh Istirahat

 

Butuh Istirahat
Foto: Butuh Istirahat

INSPIRADATA. Padatnya jadwal pekerjaan terkadang membuat anda tidak mempedulikan kesehatan tubuh anda. Sebenarnya tidak hanya badan saja yang harus istirahat, ternyata otak juga perlu istirahat.

Tanpa kita sadari sebenarnya tubuh itu selalu memberikan tanda-tanda apabila kekurangan istirahat. Namun karena jadwal yang padat serta pekerjaan yang menumpuk anda selalu mengabaikan hal tersebut dan menganggap sepele.

Namun, tahukah anda sebenarnya hal ini akan membuat anda berujung pada kondisi stress bahkan depresi.

Dilansir oleh Dailymoslem, inilah beberapa tanda tubuh yang kekurangan istirahat:

1. Otot tubuh terasa tegang
Saat pikiran sedang stress, tubuh merespon dengan menengangkan otot-otot dibagian pundak, leher, bahu dan punggung. Hal ini terjadi tanpa disadari. Oleh karena itu, saat merasa otot-otot mu tegang cobalah untuk berjalan-jalan santai sambil menenangkan pikiran. Segelas teh manis hangat pun dapat membantu meredakan ketegangan mu.

2. Mimpi Absurd
Mimpi bisa menjadi salah satu media yang menggambarkan kejelimetan pikiran. Jika sudah mulai bermimpi aneh seperti tiba-tiba harus ikut ujian atau tertinggal pesawat, itu tandanya kamu sedang mengalami stress. Sebaiknya, segera cari waktu luang untuk membereskan urusan yang membebani pikiran.

3. Jadi sering lupa
Ketika stres, glukosa dan energi dalam tubuh dialihkan ke area lain di otak untuk mengatasi stres. Sehingga fungsi di sejumlah bagian otak lain pun, seperti kemampuan untuk mengingat, akan berkurang. Nah karena itulah saat mengalami stress kita akan sering lupa dan kesulitan mencerna kondisi yang sedang dialami.

BACA JUGA: 

Menyendiri, Solusi Efektif dalam Istirahat

4. Flu yang tak kunjung sembuh
Tubuh bisa lemah dan tak bertenaga ketika stres. Belum lagi dengan kadar hormon kortisol yang terganggu sehingga kekebalan tubuh menurun. Kemampuan alami tubuh untuk melawan bakteri dan virus juga semakin menurun. Dampaknya sakit flu yang dialami susah sembuh. Baru sembuh sedikit, eh sakit lagi. Kalau kondisinya seperti ini, selain menghubungi dokter, kamu harus banyak-banyak istirahat juga.

Itulah tanda-tanda tubuh yang mengharuskan anda istirahat lebih lama. []


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *