sleep texting
Foto: wbaltv

Sleep texting, Penyakit yang Menjangkiti Anak Muda

Ini merupakan penyakit terbaru anak muda. Yaitu sleep texting. Merupakan bagian dari kategori perilaku yang disebut parasomnia. Apa yang menyebabkannya dan bagaimana cara mencegahnya?

BACA JUGA: Waspada, Kelebihan atau Kekurangan Tidur Bisa Mematikan!

Lebih lengkapnya, sleep walking ini adalah kondisi dimana seseorang tanpa sadar mengirim pesan lewat ponsel di tengah malam, lalu tak ingat apa yang terjadi saat melihat ponsel keesokan harinya.

Tindakan sleep walking meliputi hal-hal seperti berjalan, berbicara, atau mengirim pesan saat tidur. Biasanya sleep texting terjadi saat seseorang memasuki fase tidur REM–tahap yang ditandai dengan gerakan mata cepat dan bermimpi–yang memungkinkan orang mengirim pesan tanpa memikirkannya.

BACA JUGA: Ternyata Ini 7 Manfaat Tidur Pakai Guling

Meski para ahli tidak 100 persen yakin apa penyebab dari jenis parasomnia ini. Namun, mereka memperhatikan jika para pengguna ponsel tepat sebelum mereka tertidur mungkin cenderung secara otomatis mengambil ponsel di tengah malam dan mengirimkan pesan yang tidak dapat dipahami.

Ini bisa saja terjadi karena perilaku khusus ini adalah hal terakhir yang diingat oleh otak. Atau bisa juga hanya karena ponsel mudah dijangkau.

SUMBER: BERITAGAR.ID


Artikel Terkait :

About Dini Koswarini

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *