Slime, mainan anak-anak
Foto: Slime (pinterest)

Slime Itu Apa Yah?

Slime, mainan anak-anak
Foto: Slime (pinterest)

INSPIRADATA. Permainan yang saat ini sedang hits dikalangan anak-anak dan remaja adalah slime. Namun, tahukah anda apa itu slime, memiliki kegunaan sebagai apa? Dan mengapa sangat hits sekali di kalangan anak-anak saat ini?

Apa itu Slime?
Karena ke tenaran mainan ini, seharusnya kita tau apa itu slime? Slime dalam bahasa Inggris diartikan sebagai lendir. Selain itu slime juga biasa disebut dengan “gak” atau “oobleck” adalah material dengan tekstur kenyal menggumpal dan kadang sedikit lengket.

Karena teksturnya yang lengket dan kenyal inilah yang membuat mainan ini hits dikalangan anak-anak. Selain itu warna dari slime ini sangatlah bervariasi dan slime ini pun saking elastisnya dapat ditarik hingga satu meter.

Terbuat dari apakah Slime?
Sebenarnya bahan pembuatan slime sendiri tidaklah sulit, karena bahan dasarnya sendiri adalah len yang dicampurkan dengan sabun atau lotion dengan tambahan borax sebagai bahan untuk proses penggumpalan slime.

Dan bahan untuk proses penggumpalan slime ini biasa disebut dengan slime activator. Sebenarnya, bahan untuk pembuatan slime tidak hanya satu ada banyak cara, namun komposisi yang utamanya itu terletak pada borax.

Di Indonesia, borax dijual terbatas. Karena itu dicari komposisi dari bahan lain yang serupa dengan borax. Ada beberapa yang bisa dipakai sebagai slime activator, seperti :

1. Obat tetes mata yang dijual di apotek – apotek terdekat. (Ex : Insto, Rohto).

2. Air softlens (Ex : Renu).

3. Deterjen cair. Perlu diketahui bahwa tidak semua deterjen cair bisa digunakan sebagai slime activator. Contoh deterjen cair yang bisa digunakan untuk membuat slime adalah Tide.

4. Deterjen bubuk yang dicampur dengan air sebagai bahan pelarutnya (Ex : Rinso).

5. Lulur Ayudya yang dicampur dengan air sebagai bahan pelarutnya, dan baru lulur ini yang bisa dipakai sebagai slime activator.

6. GOM obat sariawan. GOM dianggap sebagai slime activator yang sangat bagus dikarenakan. Slime activator yang terbuat dari GOM merupakan slime activator yang kuat. Kuat dalam artian slime akan lebih cepat menggumpal. GOM bisa didapatkan di apotek terdekat dengan harga yang berkisar antara 3000 – 5000 rupiah saja.

Apa manfaat dari slime untuk anak-anak?
Slime sebetulnya termasuk sensory play untuk anak. Dengan slime, anak bisa belajar tekstur serta elastisitas material. Bisa juga mempelajari warna, karena slime biasanya tersedia dalam beragam warna dan aroma bergantung zat pewangi yang ditambahkan saat membuatnya. Selain itu slime juga dapat melatih kelenturan otot-otot jari anak.

Tak hanya itu saja manfaat dari slime, permainan ini pun dikatakan sebagai penghilang rasa stress, sebagai pembersih sela sela kecil seperti keyboard, sela sela kipas angin, dan lubang speaker.

Bahaya atau tidak slime untuk anak-anak?
Sebagai orang tua pastinya hal yang akan dipertanyakan adalah keamanan dari permainan ini. Sebenarnya permainan ini aman, Namun yang jadi berbahaya adalah bahan borax yang di gunakan sebagai slime activator. Karena Borax atau sodium tetraborate adalah campuran garam mineral konsentrasi tinggi. borax juga akan menimbulkan iritasi bila terkena kulit dan akan menyebabkan kerusakan organ bagian dalam bahkan koma jika borax termakan oleh manusia.

BACA JUGA:

Jika Hafal Surat Al ‘Asr dan Artinya, Pemilik Toko Turki Ini Gratiskan Mainan pada Anak-anak

Stop Mainkan Slime, Jika Tidak Ingin Bernasib Tragis Seperti Ini!

Dalam kehidupan sehari borax biasa digunakan dalam dunia industri, boraks menjadi bahan solder, bahan pembersih, pengawet kayu, antiseptik kayu, dan pengontrol kecoa.

Itulah penjelasan tentang slime, hingga keamanan dari slime itu sendiri. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda para orang tua agar selalu lebih waspada. []

Sumber: Dari berbagai sumber


Artikel Terkait :

About Nabila Maharani

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *