foto pramuka makan tanpa alas (foto: otonomi.co.id)
foto pramuka makan tanpa alas (foto: otonomi.co.id)

Soal Foto Makan di Atas Tanah, Adhyaksa: Itu Bukan Cara Pramuka

foto pramuka makan tanpa alas (foto: otonomi.co.id)
foto pramuka makan tanpa alas (foto: otonomi.co.id)

INSPIRADATA. Belakangan ini muncul foto beberapa anggota Pramuka yang makan di atas tanah tanpa alas. Hal itu tentu mendapat sorotan banyak pihak, termasuk Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Adhyaksa Dault.

Dilansir otonomi.co.id, Minggu (26/3/2017), Adhyaksa Dault sangat menyayangkan beredarnya foto pramuka makan di atas tanah tersebut. Ia mengakui hal tersebut mengundang kritik yang sangat pedas bahkan kecaman dari anggota Pramuka.

“Agar dunia tahu bahwa kegiatan Pramuka itu mendidik, menggembirakan, menginspirasi, menyenangkan, menguatkan persaudaraan anak-anak kita. Jangan sampai hanya karena satu foto tanpa alas, Gerakan Pramuka tercoreng,” ujar Adhyaksa Dault.

 

Ia juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut bukanlah bagian dari pembinaan dalam Pramuka. Ia memastikan kualifikasi pelatih dan pembina dalam kegiatan tersebut belum terkualifikasi atau belum terlatih.

“Sebagai informasi, setiap hari ada ribuan gerakan pramuka dilaksanakan di sekolah-sekolah dan alam terbuka di seluruh Indonesia. Dan semua kegiatan Pramuka itu mendidik menggembirakan, menginspirasi serta menyenangkan,” jelasnya.

Untuk menyikapi foto tersebut, ia akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk segera menegur dan memberikan pelajaran.
“Kejadian ini harus dijadikan pelajaran berharga dan tidak boleh terulang kembali. Kita akan selesaikan paling lambat Senin 27 Maret 2017 masalah ini sudah jelas duduk perkaranya dan selesai,” ujar Adhyaksa.

Seperti diketahui foto yang beredar tersebut diambil saat kegiatan pengkaderan dan pelantikan anggota baru Saka Wira Kartika Koramil-13/Kronjo pada 17-19 Maret 2017 di Bumi Perkemahan Satuan Radar 211 TNI-AU yang berlokasi di Tangerang, Banten.

Wah-wah, untuk menumbuhkan kedisiplinan anggota mestinya masih ada cara lain selain cara yang dinilai sangat tidak manusiawi itu ya? Ehm…[]


Artikel Terkait :

About Irah Wati

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *