Unik, Informatif , Inspiratif

Soal Kartu Nikah, Begini Kata JK

0 28

Rencana penerbitan kartu nikah sebagai tanda bukti menikah disambut baik oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dikatakan JK, sapaan akrabnya, hal ini dapat memudahkan pasangan suami istri untuk berbagai keperluan.

“Tapi itu simpel juga. Kadang-kadang butuh juga itu kalau ke bank siapa istrinya, masa bawa buku kawin ke mana-mana,” kata JK, Selasa, (13/11/18).

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, Kementrian Agama berencana meluncurkan kartu nikah dengan kode quick response (QR). Kode ini akan tersambung dengan aplikasi sistem informasi manajemen nikah berbasis website (simkah web). Hal ini dilakukan untuk mengatasi maraknya pemalsuan buku nikah.

“Kartu Nikah ini akan berisi tentang informasi pernikahan yang bersangkutan seperti nama, nomor akta nikah, nomor perforasi buku nikah, tempat dan tanggal nikah,” kata Direktur Jenderal Binmas Islam, Muhammadiyah Amin. Ahad, (11/11/18).

Menurut JK sendiri, pembuatan kartu nikah tidak akan membebani anggaran negara. “Paling Rp 2-3 ribu (per kartu). Sedangkan ongkos kawinan, berapa ongkosnya?” katanya. []

SUMBER: TEMPO

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline