Ketua MPR RI Zulkifli Hasan

Soal Pembaruan Film G30S/PKI, Ketua MPR: Setuju, Agar Ringkas dan Isi Tetap

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkeinginan untuk memperbaharui film Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI) yang disesuaikan dengan kondisi anak muda zaman sekarang. Mengenai hal tersebut, Ketua MPR ikut angkat bicara.

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan, pihaknya setuju dengan ide dari sang Kepala Negara tersebut. Namun, pihaknya ingin agar isinya tetap sama dengan film yang aslinya, seperti tak mengubah konteks jenderal yang terbunuh dalam peristiwa nahas tersebut.

“Setuju. Agar versi yang ringkas. Tapi substansi tetap, isinya tetap. Misal jenderal yang dibunuh, kan enggak berubah. Itu kan tetap. Enggak bisa berubah. Itu kan fakta,” ujarnya saat ditemui usai acara akad nikah putra ketiganya di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (24/09/2017) lansir Okezone.

Menurutnya, pembaharuan dari film itu perlu dilakukan. Karena panjangya durasi di film tersebut membuat penonton sekarang mudah jenuh. Sehingga mereka malas untuk menonton film bersejarah itu.

“Tapi memang 4 jam itu lama sekali. Apa bisa anak muda generasi milenial nonton 4 jam? Saya kira kan tidak mudah itu. Kalau ada versi agak singkat, satu jam setengah. Saya kira itu sedeng tuh,” imbuhnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tak perlu lagi meributkan soal kemunculan PKI di Tanah Air. Sebab, pihaknya berkeyakinan seluruh elemen masyarakat tidak ingin mengulang peristiwa berdarah itu.

“Kita jangan lagi berkelahi soal PKI. Itu kan sejarah kelam yang harus dijadikan pelajaran, yang harus diketahui semua orang untuk jadi pelajaran. Itu sudah selesai kan. Tapi pelajaran penting,” pungkasnya.


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *