Unik, Informatif , Inspiratif

Soal Pencekalan Rizieq Shihab, Ini Tangapan Din Syamsudin

0

Terkait dicegahnya Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab, ke luar Arab Saudi, Mantan Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengaku belum mengetahui alasan hal itu bisa terjadi. Ia pun masih mendalami apa yang menjadi alasan Habib Rizieq dicegah ke luar Arab Saudi.

“Saya terus terang tidak tahu apa yang terjadi. Saya belum mendalami apa yang sesungguhnya terjadi kepada Habib Rizieq, setelah sekian lama berada di Saudi Arabia,” ujar Din di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (27/9/18).

Din pun menambahkan, jika adanya pencekalan biasanya terjadi kepada pemerintah terhadap warga negaranya untuk tidak boleh ke luar negeri.

BACA JUGA: Bertemu Habib Rizieq di Mekah, Fahri Ungkap Peran KH Maruf Amin dalam Gerakan Umat 212

Tetapi, saat ini, Habib Rizieq sedang berada di luar Indonesia atau tepatnya di Arab Saudi.

“Jadi kalau beliau di cekal keluar Saudi Arabia, saya enggak bisa memahami, tapi jelas tentu ada alasan pemerintah kerajaan Arab Saudi sendiri,” katanya.

Ia pun menambahkan, dirinya tidak tahu apakah ada permintaan ekstradisi dari pihak Pemerintah Indonesia ke Arab Saudi untuk memulangkan Habib Rizieq.

“Saya tidak tahu apakah ada permintaan ekstradisi berarti untuk dipulangkan ke Indonesia bukan dicekal,” ujarnya.

habib rizieq, Soal Pencekalan Rizieq Shihab, Ini Tangapan Din Syamsudin
Foto: VIVA

Sebelumnya, pada Selasa 25 September, Tim Advokasi GNPF mengungkap Habib Rizieq tidak bisa kembali ke Indonesia, karena dicegah keluar dari Arab Saudi.

Mereka meminta perlindungan pada Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

Fadli pun menilai aneh, jika ada warga negara Indonesia yang justru dicegah untuk kembali ke negaranya.

“Tentu, saya kira jelas ini sebuah kasus, ini biasanya kalau ada kasus yang overstay atau masalah lain justru dikembalikan atau dideportasi. Malah ini tidak boleh keluar. Ini agak aneh juga ya,” kata Politikus Gerindra itu.

Tim Advokasi GNPF Ulama Nasrullah Nasution mengklaim Habib Rizieq dalam beberapa waktu terakhir dilarang keluar dari Arab Saudi.

Padahal sebelumnya, kata dia, Habib Rizieq dapat keluar per tiga bulan sekali sebagai persyaratan untuk tetap tinggal di Arab Saudi.

“Terakhir, ketika beliau ingin menyampaikan disertasinya ke promotor doktoral di Malaysia itu beliau dan keluarganya akan berangkat ke Malaysia, enam orang, ketika yang lima sudah bebas dari imigrasi, nah ketika beliau habib Rizieq ini dicegah, tidak boleh,” kata dia.

BACA JUGA: Mundur dari Jabatan Utusan Khusus Presiden Jokowi, Ini Alasan Din Syamsuddin

Namun, saat ditanyakan permasalahannya, Nasrullah juga tidak dapat memberikan jawaban yang pasti.

“Tidak ada yang bisa menjawab, pokoknya Habib tidak boleh keluar dari Arab saudi, tentunya dalam hal ini kami sangat prihatin,” katanya dikutip VIVA. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.