Unik, Informatif , Inspiratif

Solusi Banjir Ibukota, Anies: Simpel Kok Cuman Buat Lubang

0 918

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan melakukan pembangunan drainase vertikal di seluruh penjuru ibu kota. Strategi tersebut dinilai efektif mengatasi masalah banjir ibukota.

Anies mengatakan, sebelumnya Pemprov DKI Jakarta telah membangun sebuah drainase vertikal di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Dan berhasil.

BACA JUGA: Peternakan Ayam di Geopark Gunung Sewu Disebut Berpotensi Picu Banjir, Ini sebabnya

“Sudah, alhamdulillah bagus. Begitu anggaran siap langsung kita mulai,” kata Anies saat ditemui di JPO Bundaran Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/12/2018).

Anies menjelaskan, sebuah lapangan di kawasan Pondok Labu yang menjadi lokasi uji coba selalu digenangi air, terlebih saat musim penghujan. Meskipun lapangan itu kawasan ruang terbuka hijau, kawasan itu tak menyerap air.

Ketika uji coba dilakukan dengan membuat lubang drainase vertikal, air yang berada di atas permukaan pun langsung surut.

Anies juga mengakui telah mendokumentasikan uji coba melalui video dari mulai sebelum dibuat drainase vertikal hingga hasil uji coba selesai.

“Kemudian dibuat (draniase vertikal), ketika hujan lebat ternyata airnya langsung surut. Jadi masyarakat disana sudah melihat langsung,” ungkap Anies.

Anies menjelaskan, nantinya seluruh wilayah akan dibangun drainase vertikal melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah yang saling terintegrasi.

BACA JUGA: Tuntut Stadion Persjia, Ini Jawaban Anies kepada The Jack Mania

Untuk wilayah perumahan akan dikerjakan oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat, di jalan-jalan akan dibangun oleh Dinas Bina Marga, sementara untuk wilayah aliran sungai akan dibangun oleh Dinas Sumber Daya Air.

“Karena yang dikerjakan simpel kok cuma buat lubang. Jadi bukan sesuatu yang luar biasa,” pungkasnya. []

SUMBER: SUARA

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline