abdul rachman saleh wikipedia
abdul rachman saleh (foto: wikipedia)

Sosok Inspiratif Abdul Rachman Saleh, Dokter Multitalenta Milik Indonesia

INSPIRADATA. Pengabdian seorang dokter tak hanya terbatas di ruang praktik. Seorang dokter yang juga merangkap sebagai anggota Angkatan Udara, Abdul Rachman Saleh merupakan sosok inspiratif bagi para dokter-dokter Indonesia untuk terus berkarya.

Abdul Rachman Saleh, atau yang lebih dikenal dengan julukan ‘Karbol’, lahir di Jakarta pada 1 Juli 1909. Ia menjalankan pendidikan kedokterannya di School Tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA) yang bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti sekolah untuk pelatihan dokter-dokter pribumi.

Namun, institusi ini dibubarkan sebelum kelulusannya. Setelah itu, ia pindah ke sekolah tinggi bidang kesehatan Geneeskundige Hoge School (GHS), yang berarti sekolah tinggi bidang kesehatan. Di sini Abdul Rachman Saleh aktif berpartisipasi dalam beberapa organisasi termasuk Jong Java, Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI), dan Indonesia Muda.

Setelah lulus dan mendapatkan ijazah dokter, ia memutuskan untuk memperdalam ilmu fisiologi atau faal manusia. Ini adalah bidang studi yang mempelajari fungsi dari organ dan sistem organ pada tubuh manusia.

Pada saat itu, ilmu faal masih belum banyak diminati. Atas keberhasilannya mengembangkan bidang ilmu tersebut di tanah air, Abdul Rachman Saleh kemudian ditetapkan sebagai Bapak Ilmu Faal Indonesia oleh Universitas Indonesia pada tahun 1958.

Ketertarikannya pada dunia penyiaran radio juga membuatnyamenjadi pemimpin untuk organisasi Vereniging voor Oosterse Radio Omroep (VORO), yang berarti perhimpunan siaran radio Oriental. Dari sinilah ia mengembangkan diri dalam dunia radio dan menjadi salah satu pelopor yang mendirikan Radio Republik Indonesia (RRI) pada tahun 1945. []

Sumber


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

fungsi pangkal tusuk gigi

Di Balik Populernya Tusuk Gigi di Dunia, Ini Sejarahnya

Sekitar tahun 1870, ia mampu memproduksi jutaan tusuk gigi kayu dalam satu hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *