Soun dan Bihun, Soun dan Bihun, Apa Bedanya?
Unik, Informatif , Inspiratif

Soun dan Bihun, Apa Bedanya?

0

Saat memakan bakso, soto, ketoprak, kupat tahu, beberapa sup dan makanan lain yang cukup populer di Indonesia kita pasti menemukan semacam mi berwarna putih bening.

BACA JUGA: Agar Kandungan MSG pada Mie Instan Hilang, Begini Cara Masaknya

Kita akan menemukan setangkup bihun atau segenggam soun. Meski nampak sama, tahukah Anda apa bedanya dari kedua makanan pelengkap itu?

Nyatanya, mi putih yang ada dalam sederet makanan tersebut merupakan jenis mi yang berbeda satu dengan yang lainnya.

1. Soun

Soun merupakan sejenis mi tipis yang terbuat dari pati kacang hijau, kentang, singkong atau ubi. Dibuat dari bahan yang tinggi akan karbohidrat, membuat teksturnya lebih nampak licin, bening, serta kenyal saat dimasak.

BACA JUGA: 3 Kuliner Enak Indramayu yang Wajib Kamu Coba

Untuk segi rasa, soun memiliki karakteristik yang mudah menyerap, sehingga saat dikombinasikan bersama bumbu dan kuah kaldu, akan terasa lebih gurih, lembut, dan menyatu dengan bumbu campurannya.

Tak perlu memasaknya terlebih dahulu, soun biasa disajikan dengan cara merendamnya di dalam air panas selama 10-15 menit hingga lunak.

2. Bihun

Berbeda dengan soun, bihun dibuat dari campuran tepung beras, air, dan bumbu sederhana. Penampilannya pun terlihat lebih kusam, tipis, serta mudah patah saat diolah. Setelah dimasak, tekstur bihun tidak selicin dan sebening soun.

BACA JUGA: 8 Fakta Unik Kuliner Nusantara Ini Jarang Anda Sadari

Kendati demikian, teknik pengolahan bihun tak jauh berbeda dengan soun. Yakni hanya direndam dengan air panas 1-3 menit sampai seluruh bagian bihun layu dan melunak.

Jadi, sekarang sudah tahu kan apa bedanya soun dengan bihun? []

SUMBER: KUMPARAN


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.