burung baru (foto: beritagar)

Spesies Burung Baru dari Rote Akan Diberi Nama Istri Jokowi

Spesies burung baru telah ditemukan di pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya berencana memberi nama burung itu Iriana.

“Saya minta izin bapak presien dan bapak presiden sudah setuju mau pakai nama ilmiahnya Ibu Negara (Iriana),” katanya, lansir Merdeka, Senin (30/10/2017).

Burung yang masuk ke dalam keluarga Meliphagidae tersebut ditemukan oleh peneliti burung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dewi Malia Prawiradilaga.

Menurut pengukuran pada burung jantan, bobot burung itu mencapai 32,23 gram dengan panjang tubuh dari ekor hingga paruh mencapai 17,2 centimeter, dan panjang paruh 1,79 centimeter.

Ekor burung tersebut 3,7 centimeter dan tinggi kaki 1,67 centimeter. Bentangan sayap burung tersebut mencapai 1,72 centimeter dan panjang sayap 5,8 centimeter.

Burung ini memiliki habitat di hutan, semak-semak, dan pohon berbunga.

Selain spesies burung, dalam laporannya, Siti mengatakan telah menemukan orang utan spesies baru. Nama ilmiahnya Pongo tapanuliensis. Orang utan ini ditemukan di Tapanuli, Sumatera Utara. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *