stres akibat sepakbola
Foto: IBTimes India

Stres karena Tim Idola Kalah di Piala Dunia? Sembuhkan dengan Cara Ini

Setiap penggemar yang menyaksikan pertandingan tim kesayangannya tentu menginginkan sebuah kemenangan. Namun ketika kalah, biasanya rasa sedih dan stres akan menghampiri. Hal ini jika berlarut-larut tidak baik bagi kesehatan. Maka harus ada cara penyembuhannya.

Menurut Veronica Adesla, psikolog klinis dari Personal Growth, rasa sedih saat tim idola gagal meraih kemenangan merupakan hal yang wajar. Namun bukan berarti boleh berlebihan.

BACA JUGA: Ini Pemain Tertinggi dan Terpendek di Piala Dunia 2018

“Namun kalau sampai membuat stres berlebihan dan kehidupan terganggu, ini tidak sehat,” katanya.

Lebih lanjut Veronica menyarankan agar seorang fans memiliki mindset yang sehat seperti membangun pemikiran positif. “Buatlah stress anda menjadi sesuatu yang produktif dan berarti,” saran Veronica.

BACA JUGA: Nobar Piala Dunia di Uganda Berujung Tawuran Maut

Untuk mengurangi kesedihan, penggemar bisa membuat tulisan dan sebagainya. Yang penting menurutnya, adalah selalu menomorsatukan etika dalam bersikap dan berperilaku.

“Hindari perilaku distruktif, agresif, dan tidak sopan. Hal ini tidak membangun dan hanya akan memperburuk atau memperparah kondisi yang harus dihadapi idola,” pesannya. []


Artikel Terkait :

About Yudi

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *