ke bioskop, Studi: Ke Bioskop Bisa Ringankan Depresi Para Lansia
Unik, Informatif , Inspiratif

Studi: Ke Bioskop Bisa Ringankan Depresi Para Lansia

0

Studi yang diterbitkan dalam British Journal of Psychiatry pada awal Desember merekomendasikan beberapa kegiatan untuk mengurangi tingkat stres para lansia.

Para peneliti di University College London, Inggris, menemukan hubungan antara keterlibatan seseorang dalam kegiatan yang berkaitan dengan seni dan budaya serta kemungkinan depresi pada orang yang berusia 50 tahun atau lebih.

BACA JUGA: Benarkah Obesitas Sebabkan Depresi?

Studi ini menyebutkan kunjungan rutin ke bioskop, teater, atau museum dapat mengurangi kemungkinan depresi pada seseorang yang berusia di atas 50 tahun.

Kegiatan budaya itu disebut tak hanya membantu orang mengelola dan memulihkan diri dari depresi, tapi juga membantu mencegahnya. Penelitian ini mendapati orang-orang yang menonton film di bioskop, menonton pertunjukan, atau melihat pameran setiap beberapa bulan sekali memiliki risiko terkena depresi 32 persen lebih rendah. Sedangkan mereka yang menghadiri kegiatan itu sebulan sekali atau lebih memiliki risiko 48 persen lebih rendah.

Studi ini melihat data pada lebih dari 2.000 orang di atas usia 50 tahun, yang ambil bagian dalam English Longitudinal Study of Aging (ELSA). ELSA berisi data kesehatan, kesejahteraan sosial, dan kondisi mental orang tua di Inggris selama sepuluh tahun.

BACA JUGA: Mandi dengan Air Panas Bisa Bantu Kurangi Kadar Depresi

Data itu termasuk berisi informasi tentang seberapa sering orang menghadiri pementasan opera, mengunjungi bioskop, galeri seni, museum, dan sejenisnya, serta mencatat peserta yang telah didiagnosis mengidap depresi.

Hasil studi itu bahkan telah mempertimbangkan faktor lain yang dapat mempengaruhi kecenderungan seseorang mengalami depresi: usia, masalah kesehatan, dan kegiatan olahraga. []

SUMBER: TEMPO


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.