Studi: Penggunaan GPS Mematikan Kinerja Otak

INSPIRADATA. Sebuah hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengikuti petunjuk GPS atau navigasi satelit dapat mematikan kerja bagian otak yang berfungsi sebagai navigasi.

Dikutip dari UPI, Sabatu (25/3/2017), sekelompok peneliti di University College London memindai otak 24 relawan saat mereka menggunakan arahan GPS di lingkungan Soho, pusat kota London.

Para ilmuwan memusatkan perhatian mereka pada hippocampus atau wilayah otak yang dipakai untuk memori dan navigasi. Selain itu, responden juga difokuskan pada prefrontal cortex, bagian otak yang dipakai untuk perencanaan dan pengambilan keputusan.

Hasilnya, saat relawan menyusuri jalanan Soho untuk pertama kalinya tanpa arahan GPS, pemindaian otak menunjukkan adanya lonjakan aktivitas saraf di kedua bagian otak tersebut.

Sebaliknya,hippocampus dan prefrontal cortex sama-sama terdiam saat relawan dipandu oleh GPS.

Temuan yang dirinci dalam jurnal Nature Communication ini menunjukkan navigasi tanpa bantuan GPS berpotensi meningkatkan aktivitas otak.

Sementara navigasi dengan bantuan GPS justru sebaliknya, mematikan aktivitas otak.

 


Artikel Terkait :

About Eki Baehaki

Check Also

Entah Apa yang Merasuki Pria Ini, 2 Bulan Tinggal di Tong Setinggi 25 Meter

Sebelumnya, rekor tersebut dipegang oleh dirinya sendiri pada 1997. Ketika itu, dia tinggal di dalam tong selama 54 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *