Subuh, Harta Karun di Pagi Hari


sholat-subuhINSPIRADATA. Bangun di waktu subuh sangatlah berat bagi sebagian orang. Padahal ada banyak hal yang kita dapatkan jika bangun pada waktu subuh. Selain udara segar yang baik untuk kesehatan, di waktu subuh juga memiliki banyak harta karun lainnya.

Harta karun di waktu pagi ini bisa berupa rizki fisik atau non fisik. Seperti penjelasan dalam sebuah hadist dikatakan bahwa, pahala dua rakaat shalat (sunah) fajar disebut oleh Nabi SAW, “lebih baik dari dunia dan segala isinya.” (HR Muslim).

Orang-orang terbaik dari generasi sahabat dan tabi’in (al-salaf al-shalih) tidak pernah tidur lagi setelah melakukan shalat Subuh. Mereka berzikir dan membaca wirid-wirid hingga matahari terbit. Tak lama setelah itu, mereka melaksanakan shalat Dhuha, kemudian mereka memulai kerja dan aktivitas.

Selain rizki ruhiyah yang kita dapatkan, jika dilihat dari sisi duniawi, keberkahan (napas) waktu subuh itu dikaitkan dengan kesehatan, kemajuan ekonomi, dan kesuksesan dalam hidup. Rasulullah SAW pernah mengingatkan Fatimah al-Zahra, putrinya, agar tidak tidur lagi setelah shalat Subuh. (HR Baihaqi).

Nabi Muhammad SAW pernah berdoa, “Allahumma barik li-ummati fi bukuriha” (Ya, Allah berikan keberkahan bagi umatku pada permulaan harinya.) (HR Abu Daud dan Thirmidzi).

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/14/10/21/nds0y8-napas-waktu-subuh


Artikel Terkait :

About Tia Apriati Wahyuni

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

One comment

  1. andrian yudoyono

    sebenarnya tak harus subuh untuk wirid, tergantung muatan ibadahnya..wirid itu perlu khusuk dengan senada dengan bahasa orang sebelah kita meskipun terkadang makna bacaanya berbeda.

    http://www.inspiradata.com/subuh-harta-karun-di-pagi-hari/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *