Unik, Informatif , Inspiratif

Sudah Malas Cari Pekerjaan? Coba Lakukan Hal Ini

0 47

Saat ini persaingan dalam dunia kerja sudah semakin ketat. Mencari pekerjaan bukanlah perkara yang mudah dilakukan apalagi untuk para fresh graduet yang belum memiliki pengalaman. Pada akhirnya hal ini tak jarang membuat putus asa dan malas mencari kerja.

Untuk mengatasi hal ini, coba ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Coba lebih sistematis

Yang pertama, penting untuk tahu dulu apakah sebenarnya tujuan hidup kamu. Kalau kamu berencana melamar pekerjaan secara sporadis, kamu perlu merinci apa saja yang sudah dan yang belum dilakukan seputar lamaran-lamaran tersebut. Mungkin dengan cara membuat catatan bisa mempermudahmu untuk melakukan itu.

BACA JUGA: Trik Berkomunikasi dengan Rekan Kerja

2. Cari teman untuk membantu

Kamu harus mulai mengakui, bahwa tidak semua hal bisa dilakukan sendiri. Mencari saran dan bantuan dari teman yang sudah bekerja, atau keluarga yang sudah berpengalaman, bukan hal yang buruk, kok. Cara ini justru bisa menjauhkanmu dari keputusan-keputusan buruk yang bisa jadi kamu sesalkan di masa depan.

3. Stop bandingkan dirimu dengan orang lain

Peluang kerja di satu daerah pasti berbeda dengan daerah lain. Begitu pula peluang kerja di satu bidang yang tidak sama dengan bidang lain. Selain itu, timeline kehidupanmu dengan temanmu, meski seangkatan di kampus, juga tidak selalu sama. Jadi, jika kamu belum juga mendapat pekerjaan, bukan berarti kamu seorang pecundang. Fokuslah kepada dirimu sendiri.

4. Jangan panik, mari piknik

Daripada terus-menerus berkeluh kesah, lebih baik tinggalkan dulu situs lowongan pekerjaan dan CV-mu, untuk sejenak melepas penat. Coba untuk sebentar saja pergi ke pantai atau gunung untuk menghilangkan stress kamu.

BACA JUGA: Tips Kerja Produktif dan Efektif

5. Jauhi pikiran negatif

Terakhir, ketika kamu sudah sangat lelah dan hanya ingin menyerah, ingatlah bahwa segala kerja kerasmu akan membuahkan hasil manis di masa mendatang. []

SUMBER: KUMPARAN

Artikel Terkait :

loading...

Kamu Sedang Offline