Sudahi Konflik, Ini Keutamaannya

Konflik, suatu kondisi di mana terjadinya pertentangan, perselisihan, percekcokan yang bisa menyebabkan keadaan menjadi tegang.

Adanya konflik akan membuat banyak hal terbuang sia-sia, seperti waktu dan energi kita yang terkuras hanya karena mengurusi konflik tersebut.

Syukur Alhamdulillah jika konflik tersebut bisa berakhir dengan cepat, namun jika konflik tersebut tidak berakhir bahkan bisa sampai bertahun-tahun, lalu bagaimana?

Sungguh, kehidupan seperti itu akan membuat kita tidak nyaman.

Rasul pun menyuruh kepada umatnya untuk segera menghentikan konflik, dan balasannya pun sungguh besar. Karena jika konflik terjadi, maka hubungan silaturahmi akan terputus.

أَلَا أُخْبِرُكُمْ بِأَفْضَلَ مِنْ دَرَجَةِ الصِّيَامِ وَالصَّلَاةِ وَالصَّدَقَةِ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِصْلَاحُ ذَاتِ الْبَيْنِ وَفَسَادُ ذَاتِ الْبَيْنِ الْحَالِقَةُ

“Maukah kalian saya beritahu suatu hal yang lebih utama daripada derajat puasa, shalat dan sedekah? Para sahabat menjawab: tentu ya Rasulallah. Lalu Nabi bersabda: hal tersebut adalah  mendamaikan perselisihan, karena karakter perselisihan itu membinasakan.” []


Artikel Terkait :

About Fajar Zulfikar

Check Also

Ka’bah Selalu Dijaga, Mengapa di Akhir Zaman Bisa Dihancurkan?

Bagaimana mungkin Ka’bah bisa dihancurkan sedang Allah telah menjadikan Mekkah sebagai Tanah Suci yang aman?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *