foto: J-Cul

Suka Berfoto dengan Gaya Dua Jari? Ternyata Berbahaya Lho!

foto: J-Cul

INSIRADATA. Tim peneliti di Japan National Institute of Informatics (NII) mengingatkan adanya bahaya pencurian sidik jari dari foto-foto dengan pose dua jari atau jari yang membentuk simbol “peace”.

Teknologi pengenal sidik jari, saat ini telah terjual bebas untuk memverifikasi identitas, seperti saat menyalakan ponsel pintar, tablet atau komputer laptop.

Apalagi dengan adanya penyebaran perangkat mobile yang difasilitasi kamera berkualitas tinggi dan situs media sosial sangat pesat, di mana foto dapat dengan mudahnya diunggah, serta meningkatkan risiko bocornya informasi personal.

Para peneliti NII mampu menyalin sidik jari berdasarkan foto yang ditangkap dengan kamera digital sejauh tiga meter dari subyek.

“Hanya dengan menunjukkan tanda ‘peace’ saat foto, sidik jari sangat mudah tersebar,” kata peneliti NII Isao Echizen, seperti dilansir AFP.

“Data sidik jari dapat dibuat ulang jika sidik jari jelas terlihat dengan fokus dan pencahayaan yang baik,” lanjut Echizen pada TV Yomiuri.

Dia menambahkan bahwa teknologi canggih tak diperlukan untuk pencurian identitas tersebut dan siapapun bisa melakukan itu.

NII mengatakan, mereka mengembangkan pita film transparan yang mengandung titanium oksida yang bisa ditempelkan di jari untuk menyembunyikan sidik jari.

Tapi teknologi itu belum siap diproduksi, paling tidak dua tahun dari sekarang. []


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Bahaya Menelepon Saat Hujan, Wajib Tahu

Jadi berhati-hatilah menelepon di saat hujan apalagi disertai dengan petir. Bisa-bisa Anda kehilangan nyawa karena hal sepele tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *