Unik, Informatif , Inspiratif

Suka Minum Kopi? Ini 10 Manfaatnya bagi Kesehatan (3-Habis)

0

Tidak di kota, tidak di desa, tua dan muda, di negara kita ini orang sangat menggemari minum kopi. Memang, kopi, di balik imbauan soal efek sampingnya, menyimpan berbagai manfaat.

Disarikan dari berbagai sumber, berikut ini setidaknya 10 manfaat yang kita dapatkan ketika minum kopi.

BACA JUGA: Suka Minum Kopi? Ini 10 Manfaatnya bagi Kesehatan (1)

8. Kopi Mengandung Antioksidan Tinggi

Seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, dalam penelitian yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention,” mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan.

Bahkan, sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam unrutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam pola makan orang Amerika.

9. Kopi Meningkatkan Kinerja dan Performa

Kopi – dan kafein di dalamnya – telah ditunjukkan dalam beberapa studi dapat meningkatkan daya tahan dan kinerja jangka pendek. Sebuah penelitian di tahun 2008 menyimpulkan bahwa manfaat kafein sebelum latihan tampak dalam endurance (ketahanan), momen stop-and-go dan pada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang.

Hal ini juga dapat membantu atlet tampil baik selama latihan kekuatan – bahkan ketika kurang tidur – jika dikonsumsi satu jam sebelum latihan pada dosis 4 mg untuk setiap kg berat badan.

BACA JUGA: Membuat Kopi dengan Air Zam-Zam?

10. Kopi dapat Mencegah Encok

Sebuah studi tahun 2007 pada pria yang berusia lebih dari 40 tahun menghubungkan konsumsi kopi jangka panjang dengan rendahnya risiko encok, kondisi peradangan yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat.

Baik kopi reguler atau yang tanpa kafein akan memberikan dampak positif, dan mereka yang minum enam cangkir sehari memiliki risiko 60 persen lebih rendah terhindar dari kondisi encok. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Kamu Sedang Offline