Foto: Lifehack

Suka Ngantuk di Siang Hari? Apakah Ini Penyebabnya?

 

Suka ngantuk di siang hari—utamanya setelah makan siang? Tidak apa-apa sih. Cuma berabenya, jika lagi banyak pekerjaan. Walaupun di rumah tetap saja harus ekstra terjaga.

Menurut penelitian kantuk di siang hari mungkin tergantung dari makanan yang dimakan dan apakah makanan memiliki kandungan lemak tinggi.

BACA JUGA: 5 Makanan Penolak Ngantuk

Sebaliknya, para peneliti menemukan bahwa diet kaya karbohidrat meningkatkan kondisi tubuh, membuat seseorang lebih waspada dan fokus.

Satu tim dari perguruan tinggi medis di Universita Pennsylvania di Hershey melakukan percobaan melibatkan 30 orang sehat berusia 18-65. Dalam waktu lima hari para relawan tidur di kamar khusus. Para ilmuwan memberikan makanan yang berbeda akan tingkat karbohidrat, lemak dan proteinnya. Sementara tingkat kantuk di siang hari diukur dengan menggunakan uji tidur latency ganda, yang secara luas digunakan dalam Somnology.

BACA JUGA: Inilah Manfaat Tidur Siang yang Dianjurkan Nabi

Hasilnya, mereka yang diberikan makanan mengandung protein baik tinggi atau rendah tidak mempengaruhi kantuk di siang hari. Sebaliknya, karbohidrat dan lemak mempengaruhi penampilan. Karbohidrat meningkatkan efisiensi kerja, sedangkan lemak, sebaliknya, meningkatkan rasa kantuk siang hari. Nah, jadi mungkin perhatikan makanan ya? []

BACA: GENIUSBEAUTY


Artikel Terkait :

About Saefullah DS

Check Also

orang yang boleh meminta-minta

Jangan Sentuh 3 Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Hasil penelitian juga mengungkapkan, orang yang menggunakan cincin atau memelihara kuku lebih dari dua milimeter membawa lebih banyak mikroba di tangannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *