minum kopi, Suka Sakit Perut Usai Minum Kopi, Kenapa ya?
Unik, Informatif , Inspiratif

Suka Sakit Perut Usai Minum Kopi, Kenapa ya?

0

Kopi dipercaya dapat mencegah kantuk dan menambah konsentrasi. Minuman berkafein ini kerap diminum setiap hari.

Bagi sebagian besar orang, kopi diminum di pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Namun ternyata, beberapa orang bisa mengalami sakit perut setelahnya, terutama saat mengonsumsinya dalam kondisi perut kosong.

BACA JUGA: Membuat Kopi dengan Air Zam-Zam?

Hal ini bisa terjadi karena terjadinya peningkatan asam lambung, sehingga orang yang minum kopi saat perut kosong kerap mengalami rasa nyeri pada bagian ulu hati, mual atau muntah.

Terlebih lagi bila Anda memang memiliki riwayat mag atau GERD (Gastro-oesophageal Reflux Disease), maka kemungkinan untuk mengalaminya menjadi lebih tinggi.

Baiknya isi perut dahulu

Untuk itu, sebelum minum kopi, ada baiknya Anda mengisi perut setidaknya dengan roti ataupun biskut agar peningkatan asam lambung tidak terjadi pada lambung yang kosong.

Selain keadaan perut yang kosong, kafein pada kopi bersifat stimulan yang dapat merangsang kerja usus menjadi lebih cepat. Hal ini yang menimbulkan perut kram dan mulas. Itulah sebabnya orang minum kopi agar BAB lebih lancar.

BACA JUGA: Usia Berapa Anak Boleh Minum Kopi?

Tak hanya itu, kopi yang ditambahkan susu menjadi kopi susu atau latte juga bisa menimbulkan sakit perut hingga diare bagi beberapa orang yang memiliki intoleransi laktosa. Dari sini akhirnya akan muncul keluhan perut kembung.[]

SUMBER: KLIKDOKTER


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.