bahaya telur setengah matang
Foto: mediskus

Suka Telur Setengah Matang? Ini Positif Negatifnya

Telur setengah matang, rasa berbeda yang akan didapat ketika makan telur matang seutuhnya. Dengan berbagai sebab dan harapan banyak orang terhadap sensasi dari telur setengah matang. Namun ada positif negatifnya juga lho di baliknya.

Telur mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Seperti protein, lemak, riboflavin, kolin, lutein, zeaxanthin, selenium, dan sebagainya. Nah, nutrisi-nutrisi ini membuat telur menjadi salah satu menu sarapan yang sangat direkomendasikan. Tidak hanya itu, kuning telur mengandung banyak komponen bernama lesitin yang efektif menangkal sklerosis karena memiliki sifat meredam kadar kolesterol.

Tidak sampai disitu saja, kuning telur pun memuat asam amino dan deretan asam lemak yang sangat penting untuk perkembangan otak kita. Kuning telur pun mengandung karbohidrat, vitamin, serta mineral.

Ada dua vitamin yang ada di dalam kuning telur, vitamin A dan vitamin B12; Vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mempertahanakan kesehatan kulit, gigi, dan tulang. Sedangkan vitamin B12 berperan penting untuk metabolism tubuh serta bertugas untuk memastikan agar sistem saraf dalam tubuh berfungsi dengan baik.

Atas dasar tidak ingin merusak, menghilangkan, ataupun mengurangi kandungan-kandungan penting dalam telur inilah yang menjadikan banyak orang seringkali mengonsumsi telur setengah matang.

Layaknya koin dengan dua mata sisi, ada bahaya pula yang ditimbulkan dari mengonsumsi telur setengah matang. Apa sih bahaya dari mengkonsumsi telur setengah matang?

Telur ayam dan bebek – khususnya – sangat rentan terjangkit bakteri Salmonella. Bakteri Salmonella ini tidak hanya menjangkit telur-telur yang cangkangnya rusak ataupun retak, tetapi juga telur-telur yang kulitnya terlihat bersih dan mulus.

Walaupun efeknya tidak akan langsung terasa, namun saat kalian mengonsumsi telur yang terjangkit bakteri Salmonella saat keadaan kalian kurng fit, maka kalian akan langsung jatuh sakit.

Infeksi yang biasa ditimbulkan oleh bakteri Salmonella adalah sakit perut, mual, muntah, diare, sakit kepala, demam, atau bahkan tyfus. Hal inilah yang menjadikan telur setengah matang memiliki resiko yang sangat besar untuk menjadi racun dalam tubuh kalian.

Jadi, setelah tahu info ini, kita bisa berjaga-jaga sekaligus merasakan manfaatnya dengan menjaga asupan telur setengah matang itu, baik dari jumlah maupun kebersihannya. []

Teens


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *