Suku Asli Indonesia Bermata Biru, Cantiknya…

0 40

bulek-lamno-aceh biru-  - Suku Asli Indonesia Bermata Biru, Cantiknya… -INSPIRADATA. Orang yang tinggal di Indonesia rata-rata memiliki mata yang berwarna coklat gelap atau hitam. Namun, ada satu suku di Indonesia yang memiliki mata biru yang indah.

Mereka berada di Aceh. Sebagian besar penduduk dengan ciri-ciri bermata coklat kebiruan, kulit putih, dam rambut pirang tersebut ada di Kecamatan Lamno. Mereka tersebar di beberapa desa yang dahulu pernah masuk ke dalam kawasan kerajaan Daya seperti Ujong Muloh, Kuala Daya, Gle Jong, Lambeso, dan Teumarem. Desa-desa ini terletak di pesisir barat Aceh dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Suku bermata biru ini dikenal dengan nama Bulek Lamno. Konon, mereka adalah keturunan orang Portugis yang dahulu pernah singgah di Aceh. Bagaimana asal muasalnya?

Ada dua versi cerita yang mengungkapkan tentang asal-usul dari Bulek Lamno ini. Versi pertama mengatakan bahwa keturunan bermata biru ini berasal dari penjajahan bangsa Portugis di Aceh pada awal abad ke-16. Saat bangsa itu akan mencari rempah ke Indonesia mereka masuk ke Aceh dan akhirnya menetap di sana. Beberapa pria dari pasukan itu menikah dengan gadis Aceh dan akhirnya menghasilkan keturunan dengan mata biru kecokelatan yang indah.

Sedangkan versi kedua menjelaskan bahwa keturunan mata biru ini dimulai ketika kapal perang Portugis terdampar di Aceh. Kala itu Raja Daya menangkapi siapa saja yang masih hidup. Jika mereka ingin ditolong maka harus masuk Islam namun jika menolak dipersilakan kembali ke lautan. Dari sini para pria dari Portugis menikah dan menghasilkan banyak keturunan.

Sungguh disayangkan, saat bencana tsunami datang beberapa tahun yang lalu, banyak dari warga keturunan ini yang hilang dan meninggal dunia. Bahkan tidak lebih dari 40 persen sisa warga keturunan Portugis ini yang berhasil bertahan hidup. Akhirnya mereka memilih pergi dari kampung halaman tempat mereka tinggal dan memilih pergi ke daerah lain dengan komunitas kecil yang mereka bentuk.[]

(Visited 66 times, 1 visits today)
loading...
loading...

You might also like More from author

Comments

Loading...