Unik, Informatif , Inspiratif

Supermarket Ini Khusus Menjual Produk Kadaluarsa Lho

0

foto: cbc.ca

INSPIRADATA. Di kota Kopenhagen, Denmark, ada sebuah supermarket unik yang khusus menjual makanan kadaluarsa pertama di dunia bernama WeFood.

Tak hanya makanan, supermarket ini juga menyediakan kosmetik dan barang-barang kebutuhan rumah tangga yang sudah rusak dan kadaluarsa.

Jika di Indonesia atau negara lain, hal seperti itu pastinya sudah terkena teguran dan sanksi dari pemerintah maupun BPOM. Namun ini tidak berlaku bagi WeFood, karena yang meresmikan supermarket tersebut adalah resmi dari pemerintah. Bahkan ketika pertama kali dibuka dihadiri oleh perwakilan pemerintah Denmark, Putrie Marie dan Menteri Pangan dan Lingkungan.

WeFood dibuka oleh pemerintah setempat dengan tujuan memerangi masalah pemborosan makanan. Harganya tergolong murah yaitu 30%-50% dari harga normal. WeFood sendiri merupakan proyek antara The Food Bank dan badan agama Dan Chrunch Aid. Para pejabat setempat menjelaskan bahwa WeFood telah berkontribusi dalam menurunkan pemborosan makanan sebesar 25%.

Menurut USDA (Departemen Pertanian Amerika Serikat), ternyata tak ada makanan yang wajib untuk diberi label tanggal kadaluarsa kecuali makanan bagi bayi. Masa kadaluarsa wajib dicantumkan sebagai salah satu manfaat bagi konsumen agar tidak kebablasan. Selain itu, banyak pula makanan yang meski lewat tanggal kadaluarsa tetap layak konsumsi seperti sereal.[]

 

sumber: cbc.ca

Artikel Terkait :

Kamu Sedang Offline