Unik, Informatif , Inspiratif

Survei: Instagram Paling Buruk bagi Kesehatan Mental

0

MEDIA sosial yang kini tengah digandrungi kaum milienial tentu memiliki sisi positif dan negatif bagi kesehatan, terutama kesehatan mental. Untuk itu, Royal Society for Public Health dan Young Health Movement (YHM) Inggris menerbitkan laporan baru untuk memeriksa efek positif dan negatif tiga platform medsos terhadap kesehatan mental kaum muda. 

Dari hasil survei yang telah mereka lakukan, YouTube menduduki peringkat teratas sebagai media sosial paling positif. Posisi kedua diduduki oleh Facebook, dan Instagram yang paling akhir.

BACA JUGA: Instagramable, Pantai Ini Seperti Hamparan Popcorn

Platform berbasis foto ini mendapat poin untuk ekspresi diri dan identitas diri. Namun, itu semua juga berhubungan dengan tingkat kecemasan, depresi, bullying dan Fear of Missing Out (FOMO) atau perasaan “takut ketinggalan.”

Penelitian sebelumnya menunjukkan, anak muda yang menghabiskan waktunya lebih dari dua jam untuk media sosial kemungkinan untuk mengalami tekanan psikologis lebih besar.

“Melihat teman-temannya secara terus menerus berlibur atau menikmati malam bisa membuat anak muda merasa diri mereka ‘ketinggalan’ sementara yang lain menikmati hidup. Perasaan ini dapat memunculkan sikap ‘membandingkan dan putus asa,'” demikian yang dilaporkan para peneliti, melansir Time.com.

Mengunggah konten di media sosial juga dapat membuat seseorang menetapkan harapan yang tidak realistis dan menciptakan perasaan seolah dirinya tidak mampu serta rendah diri.

BACA JUGA: 3 Cara Jitu Amankan Akun Instagram dari Peretas

Kemungkinan hal ini menjelaskan mengapa media sosial Instagram, di mana foto-foto yang diunggah menjadi pusat perhatian banyak orang, menerima nilai terburuk untuk citra tubuh dan kecemasan penggunanya.

Instagram dengan mudah membuat remaja perempuan dan wanita dewasa merasa seakan-akan tubuh mereka belum cukup bagus karena orang (masih) menambahkan filter dan editan di foto mereka agar diri mereka terlihat ‘sempurna’,” tulis salah satu responden tentang Instagram. []


Artikel Terkait :

Leave A Reply

Your email address will not be published.