Susu Enak dan Bergizi, Bolehkah Minum Lebih?

Ketika mengonsumsi susu, kita memang bisa mendapatkan asupan nutrisi yang bergizi seperti kalsium dan protein. Hanya saja, karena rasa susu yang enak, kadangkala kita mengkonsumsinya dengan berlebihan. Apakah hal ini bisa membahayakan kesehatan?

Tahukah anda jika pakar kesehatan menyarankan kita untuk membatasi asupan susu dalam sehari hingga sekitar 2 hingga 3 gelas saja?

Seperti dilansir dari Times of India, selain dari susu, kita sebenarnya juga bisa mendapatkan nutrisi kalsium dari bahan makanan lainnya seperti buah, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. Dengan mendapatkan asupan kalsium yang cukup, maka tulang dan gigi kita tentu akan terjaga kesehatan dan kekuatannya.

Banyak orang yang berpikir jika semakin banyak minum susu, maka semakin kuat tulang mereka dan membuat resiko terkena osteoporosis semakin menurun. Padahal, banyak minum susu tidak memberikan efek yang signifikan bagi resiko masalah kesehatan tulang ini.

Jika kita mengkonsumsi susu dengan berlebihan, maka kita juga akan mendapatkan asupan lemak dengan berlebihan dan meningkatkan resiko terkena kanker. Selain itu, cukup banyak produk susu kemasan yang ada di pasaran yang ternyata memiliki kandungan gula cukup tinggi. Jika kita mengkonsumsi susu dengan berlebihan, maka kita pun bisa mengalami kenaikan berat badan hingga meningkatkan resiko terkena diabetes.

Dalam beberapa kasus, konsumsi susu dengan berlebihan bisa berimbas pada meningkatnya resiko terkena alergi, intoleransi laktosa, hingga sensasi perut kembung. Bahkan, kita juga akan lebih mudah terkena masalah kesehatan kulit seperti jerawat dan eksim.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mengkonsumsi susu dengan porsi yang wajar saja demi mendapatkan manfaatnya dengan maksimal. []

Sumber: Doktersehat


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Jangan Langsung Minum Air Dingin ketika Berbuka Puasa! Ini Akibatnya!

Langsung minum air es saat berbuka puasa ternyata tak baik bagi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *