Tahukah Anda, Ada Kandungan Segar dari Es Cincau?

0

Masih ingatkah kita, Es Cincau yang sering dijajakan di pinggiran jalan. Kini, agaknya sudah jarang ditemui atau bahkan jarang dikonsumsi lagi. Padahal, kandungan gizi dari perasan daun ini cukup baik untuk tubuh kita.

Dr. Rita Ramayulius, DCN, M. Kes., ahli gizi dari Persatuan Gizi Indonesia (Persagi), mengatakan bahwa daun cincau asli memiliki efek mendinginkan tubuh.

“Saat organ pencernaan suhunya sedang meningkat atau panas pada saat tertentu maka menyebabkan luka pada organ pencernaan atau yang biasa disebut panas dalam,” kata Rita, lansir Okezone.

Cincau, sambungnya, memiliki manfaat menetralkan suhu di organ pencernaan. Jadi, sangat baik di konsumsi ketika seseorang kurang cairan, aktivitas tinggi, dan suhu tubuh sedang tidak seimbang.

“Cincau memberi efek mendinginkan yang sangat baik. Namun perlu dicatat, yang memberi manfaat hanyalah cincau asli tanpa campuran bahan kimia,” jelasnya. Adapun efek negatif yang timbul ketika minum cintau itu tidak ada.

Kecuali bila diolah menggaunakan campuran kimia berbahaya atau diminum ketika sudah menjadi olahan minuman yang mengadung banyak bahan berisiko yang menyebabkan timbulnya penyakit. []

loading...
loading...
Comments
Loading...