English day
English day (foto: Unicomfacauca)

Tahukah Anda, Kalau 23 April Itu ‘English Day’?

English day
English day (foto: Unicomfacauca)

INSPIRADATA. Tak banyak yang mengetahui hari ini adalah hari peringatan yang bisa dibilang sangat penting bagi dunia. Hari Bahasa Inggris Sedunia (World English Language Day) atau English Day yang diperingati secara global setiap 23 April.

Bahasa Inggris adalah salah satu dari dua bahasa kerja di sekretariat PBB dengan bahasa Perancis, serta satu daru enam bahasa resmi dan organisasi. Karena banyak digunakan, bahasa Inggris sering disebut sebagai “bahasa dunia” atau lingua franca, bahasa jembatan dari era modern yang digunakan secara luas di berbagai negara.

Peringatan Hari Bahasa Inggris sendiri merupakan hasil inisiatif dari Departemen Informasi Publik PBB pada 2010 untuk mendirikan hari bahasa untuk setiap enam bahasa resmi PBB. Perayaan ini pertama kali diselenggarakan pada 23 April 2010 oleh PBB dengan mengadakan acara membaca buku, kuis bahasa Inggris, puisi, dan sastra pertukaran, serta kegiatan lain yang berkaitan.

Selain daripada itu, 23 April ini bertepatan dengan ulang tahun William Shakespeare, Hari Buku, dan Hak Cipta Sedunia.

Menurut sejarah, sekitar 15 abad yang lalu, bahasa Inggris hanya digunakan oleh 3 suku saja di dunia, namun kini telah menjadi bahasa resmi dari 75 negara dengan total populasi lebih dari dua miliar orang. []

Sumber: Situs Resmi PBB, ulasan Okecoy.com


Artikel Terkait :

About Al Mutafa-il

Bangkit, bangun, bergerak dan kembali bersinar

Check Also

Obbie Mesakh, Raja Pop 80-an

Hampir semua artis yang ia orbitkan berhasil menjual lebih dari 400.000 keping CD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *